Bantu Jaga Stok Darah Cukup, Pemuda Pancasila Brebes Lakukan Aksi Donor Darah

0
284

BREBES- Stok darah di Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Brebes hingga kini tergolong masih cukup. Namun demikian, untuk menjaganya perlu upaya yang terus dilakukan, apalagi di tengah pandemi Covid-19.

Yang demikian itu seperti yang disampaikan Ketua PMI Brebes, Wahidin Soedja yang menuturkan untuk stok darah di PMI terbilang cukup. Hingga Sabtu (19/6) lalu stok darah untuk golongan A sebanyak 15 kantong, golongan darah B 28 kantong, golongan AB 18 kantong dan golongan darah O sebanyak lima kantong.

“Memang selama ini anak sekolah dalam melaksanakan aksi donor darah menjadi andalan kami dalam menjaga stok darah di PMI. Namun berhubung anak sekolah ini libur, kita terus berupaya mencari terus dengan layanan mobilisasi ke lapangan,” terangnya.

Wahidin berharapkan ke depan seluruh organisasi masyarakat atau Ormas bisa ikut berpartisipasi dalam menjaga stok darah di PMI Brebes. “Bagus, kalau ada organisasi yang ikut menggelar donor darah itu sangat bagus. Bahkan, kita harapkan ke depan ormas apapun itu bisa ikut andil dalam melakukan aksi sosial donor darah,” harapnya.

Seperti halnya program yang dilaksanakan Majelis Pimpinan Cabang (MPC) Pemuda Pancasila (PP) Kabupaten Brebes yaitu program aksi seribu kantong darah anggota Pemuda Pancasila untuk Negeri. Di mana, aksi ini terus dilakukan mulai ditingkat Kabupaten hingga tingkat ranting.

Ketua Badan Kesehatan dan Penanggulangan Bencana (BKPB), drg. Adhi Supriadi mengatakan, saat ini MPC PP Brebes terus melakukan aksi donor darah ke setiap PAC melalui ranting. Hingga kini, pihaknya telah melakukan aksi donor darah ditiga lokasi yang berbeda. Yakni, di Gadung PGRI Brebes, dan hari ini, PAC PP Kecamatan Larangan menggelar aksi donor darah di Balai Desa Pamulihan, Kecamatan Larangan.

“Dari tiga lokasi itu kita sudah berhasil mengumpulan ratusan kantong darah. Dan ini, merupakan kerjasama semua anggota PP di Kabupaten Brebes,” ungkapnya, Minggu (20/6).

“Dalam waktu dekat, kita juga akan melaksanakan kegiatan yang sama di ranting Desa Luwunggede, Kecamatan Larangan. Semoga, aksi ini dapat membantu menjaga stok darah di PMI Brebes selama pandemi Covid-19,” tuturnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua PAC PP Kecamatan Larangan Rio Prasetio mengatakan, antusias anggota dalam pelaksanaan donor darah ini cukup banyak. Tidak hanya dari wilayah Kecamatan Larangan, bahkan anggota dari Banjarharjo juga ada yang ikut berpartisipasi. Bahkan, ada Pengurus Cabang (PC) Badan Buruh dan Pekerja Pemuda Pancasila (B2P3) Kabupaten Brebes yang juga turut andil didalamnya.

“Alhamdulillah antusiasnya cukup banyak. Aksi donor darah merupakan agenda rutin PAC Pemuda Pancasila Kecamatan Larangan. Ini sebagai bentuk kepedulian kami dalam melakukan aksi sosial,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here