Bupati Brebes Salurkan Bansos Untuk Warga Yang Rentan dan Terdampak PPKM Darurat

0
201

Brebes,- Bupati Brebes, Idza Priyanti menyalurkan bantuan sosial kepada para Pedagang Kaki Lima (PKL) yang berjualan di Alun Alun Brebes. Selain itu, Bupati juga menyalurkan bantuan sosial (bansos) berupa ribuan paket beras untuk warga yang rentan dan benar – benar terdampak PPKM Darurat.

Pemberian bantuan tersebut, menurut Bupati Brebes merupakan upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) dalam memerhatikan masyarakat yang terdampak Covid-19. Hal itu, dikarenakan selama pandemi Covid-19 hingga kini masih diberlakukan PPKM Darurat dan tak sedikit warganya yang terdampak.

“Kita terus berupaya selalu ada di tengah-tengah masyarakat, agar mereka terus semangat. Karena saat ini situasinya mereka sangat membutuhkan sekali,” ujarnya usai memberikan bantuan kepada warga yang terdampak Covid-19 di Pendopo Brebes, Kamis (22/7).

Sasarannya, lanjut Idza, warga masyarakat yang sangat rentan dan membutuhkan akibat dari dampak PPKM Darurat.

Sementara itu, khusus para PKL Alun- alun Brebes yang biasanya setiap malam mereka dagang dan sementara ini tutup. Bupati beralasan, karena disitu pusat keramaian, jadi untuk mengurangi kerumunan dan juga penyebaran virus Covid-19, pihaknya terpaksa menutup alun-alun itu sementara.

“Mereka ada sedikit bantuan dari Pemerintah Daerah yang saya mintakan dari Baznas. Dan Alhamdulillah, hari ini cair berarti sudah tidak ada hutang,” ungkapnya.

Bupati menyebutkan, ada beberapa sumber bantuan sosial, diantaranya yang dari Kementerian Sosial (Kemensos) melalui instansi terkait sebanyak 3.000 paket beras, dari Baznas ada 5.000 lebih paket beras (satu desa 20 paket beras total ada 297 desa dan kelurahan).

“Ditambah lagi, dari Pemerintah Daerah melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) sebagai bencana alam non alam juga kita anggarkan. Selain itu, CSR-CSR juga kita kumpulkan dan nantinya akan dibagikan ke masyarakat yang membutuhkan,” terangnya.

Kata Idza, untuk paket bantuan dari Kemensos diperuntukan bagi warga yang belum mendapatkan bantuan dari pusat. Baik itu, Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT)/Kartu Sembako dan Bantuan Sosial Tunai (BST).

“Jadi kalau warga yang sudah mendapatkan ketiga bantuan tersebut tidak dibolehkan menerima bantuan paket beras yang dari Kemensos,” ucapnya.

Bupati Brebes berharap pandemi Covid-19 ini cepat berlalu. Pihaknya juga mengucapkan banyak terimakasih kepada TNI-Polri, Dinas, Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), perusahan-perusahaan yang ada di Brebes serta seluruh elemen yang sudah berupaya membantu masyarakat yang tersampak Covid-19.

“Kita harapkan wabah ini bisa cepat berlalu, sehingga masyarakat bisa beraktifitas seperti biasanya. Dan tetap, saya mengajak kepada masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan yang ada,” pungkasnya.(Gust)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here