Haornas 2021, Bupati Brebes Lepas 4 Atlet PON XX ke Papua

0

BREBES – Dalam memperingati Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke-38 Tahun 2021 yang mengusung tema Desain Besar Olahraga Nasional Menuju Indonesia Maju, Bupati Brebes Idza Priyanti melepas empat atlet yang akan berlaga dalam cabang olahraga Hoki, Senam, dan Gulat PON XX Papua.

Adapun atlet tersebut, yaitu satu atlet Hoki, Ikbal Arif Wicaksono warga Kecamatan Salem; dua atlet senam Tri Antika dan Tri Suryana serta satu pelatih senam Saeful Bahri yang semuanya warga Kecamatan Bantarkawung; serta satu atlet gulat, Tegar Arya Wibisono warga Kecamatan Wanasari.

Sebelum bergabung dalam kontingen provinsi Jateng, mereka sudah mengikuti seleksi di tingkat provinsi.

Demikian seperti halnya yang disampaikan Kepala Bidang Pemuda dan Olahraga Dindikpora Brebes, Fajar Adi Widiarso yang mengatakan, empat atlet dari Brebes yang bergabung dalam kontingen Jateng untuk mengikuti PON XX Papua sudah mengikuti seleksi ketat. Yang diantaranya, yaitu mereka mengikuti seleksi Porprov 2018, dan mengikuti Program Pendidikan dan Latihan (PPL) sejak lama.

“Setelah mengikuti sejumlah seleksi yang ketat, akhirnya empat atlet asal Brebes bisa bergabung dalam kontingen untuk mewakili Jawa Tegah berlaga di PON XX Papua,” kata Adi saat ditemui awak media di Pendopo Bupati Brebes, Kamis (9/9).

Adi mengungkapkan, cabang olahraga Hoki, Senam, dan Gulat, merupakan cabang olahraga unggulan di Kabupaten Brebes. Keempat atlet tersebut juga sudah mengikuti seleksi pemusatan latihan daerah (Pelatda) beberapa waktu lalu. Sementara untuk pelaksanaan PON ke XX Papua akan digelar pada bulan Oktober mendatang.

Sebelumnya, Bupati memberikan uang pembinaan dan trophy kepada para atlet yang mendapatkan medali emas untuk cabang olahraga senam dalam ajang Popda Jawa Tengah secara virtual. Pemberian tersebut, kata Adi, dilakukan Bupati juga dalam rangkaian pelepasan atlet yang bertepatan dengan Haornas.

“Atlet-atlet ini dipilih tentunya merupakan atlet yang berkualitas. Karena mereka mengikuti seleksi yang cukup ketat untuk berlaga di PON XX Papua,” tambahnya.

Untuk para atlet yang diberangkatkan ke Papua, mereka akan mengikuti latihan rutin saat tiba di Papua. Pemkab Brebes juga memberikan uang saku kepada para atlet yang masing-masing mendapatkan Rp8 juta. Menurutnya, hal itu sebagai bentuk perhatian Pemkab Brebes agar mampu mengharumkan nama Kabupaten Brebes di tingkat nasional.

Dalam kesempatan itu, Bupati Idza Priyanti juga mengajak masyarakat untuk tetap membudayakan olahraga di masa pandemi Covid-19, agar kesehatan tetap terjaga. Bupati Idza bersama jajarannya menggelar senam secara virtual dalam rangka Peringatan Haornas di Kabupaten Brebes.

“Sebelum melepas atlet PON ke XX berangkat ke Papua, Bupati juga mengajak masyarakat senam bersama dalam peringatan Haornas,” tandasnya.

Adi berharap empat atlet tersebut bisa mengharumkan nama daerahnya, dan bisa mendapatkan medali emas di PON XX di Papua.

Tentunya, ini bisa bersinergy dengan program dari Kemenpora. Mudah-mudahan ini menjadi indikator kita untuk bangkit menuju prestasi keolahragaan di Kabupaten Brebes,” pungkasnya. (Gust)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here