Dilarang Jualan, Ratusan Pedagang di Alun Alun Brebes Dapat Bantuan Beras

0

Brebes,- Selain pedagang kaki lama (PKL), pedagang lainnya yang berjualan di Alun Alun Kabupaten Brebes, Jawa Tengah tidak bisa berjualan selama penerapan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat maupun level 4.

Meski sempat beberapa hari diperbolekan berjualan, namun mereka kembali dilarang berjualan di Alun Alun Brebes. Hal itu dikarenakan Kabupaten Brebes kembali menyandang PPKM level 4, sehingga Alun Alun yang merupakan fasilitas umum ditutup (dilakukan penyekatan) oleh aparat setempat.

Demikian seperti yang disampaikan Ketua Paguyuban PKL Pendopo Sejahtera, Ahmad Jazuli usai menerima bantuan sosial (bansos) dari Pemerintah Kabupaten Brebes di Aula Lama Islamic Center Brebes, Sabtu (18/9).

“Sejak PPKM naik ke level 4, sementara ini dari 210-an pedagang yang biasa berjualan di Alun Alun Brebes atau yang termasuk dalam paguyuban PKL Pendopo Sejahtera tidak dibolehkan berjualan. Jadi, kami sebagai pengurus Paguyuban memintakan bantuan sosial kepada Pemda Brebes. Alhamdulillah, hari ini kami semua dapat bantuan beras,” katanya.

Kemudian, salah satu PKL Alun Alun Brebes Yuli mengaku senang mendapat bantuan sosial dari Pemda Brebes. Meski begitu, dirinya menyayangkan jika bantuan ini hanya berupa beras saja. Menurutnya, bantuan yang diberikan dalam dua tahap ini, sebaiknya diserahkan semuanya.

“Alhamdulillah. Saya senang dapat bantuan beras ini, tapi lainnya gak ada. Harusnya bantuan tahap pertama ini berupa sembako dan tahap kedua dalam bentuk uang seperti yang sebelumnya. Jadi bisa buat beli yang lain, bisa buat beli lauk pauknya,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi, Usaha Menengah dan Perdagangan Kabupaten Brebes, Jaenudin menjelaskan, pihaknya mewakili Pemda Brebes menyerahkan bantuan sosial berupa beras. Bantuan tersebut diserahkan secara simbolis kepada puluhan PKL Alun Alun Brebes.

“Totalnya 210 kantong (isi 5kg). Jadi pedagang kaki lima maupun pedagang dalam kios di Alun Alun Brebes ini dapat bantuan semua. Kalau sebelumnya kan hanya PKL-nya saja yang sudah dikasih uang masing-masing 350 ribu rupiah,” ungkapnya didampingi Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik, Laode Vindar Aris Nugroho dan Kapolsek Brebes, AKP Wagito.

Bantuan beras ini, kata Jaenudin, diberikan Pemda Brebes dengan harapan agar bisa meringankan beban para pedagang di Alun Alun yang terdampak PPKM level 4. Pihaknya menyebut, jika Brebes ini PPKM levelnya sudah turun ke level 2, maka bisa kembali berjualan ditempat semula.

“Tentunya dimasa Pandemi Covid-19 harus dengan protokol kesehatan yang ketat,” pungkasnya. (Gust)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here