Agar Bisa Terawat, Ratusan Kendaraan Dinas di Lingkungan Setda Brebes Dicek

0

BREBES,- Agar bisa terawat dan layak jalan, ratusan aset kendaraan dinas, baik roda dua maupun roda empat di lingkungan Sekretariat Daerah (Setda) Brebes dilakukan pengecekan, Senin (20/9). Ratusan kendaraan tersebut dikumpulkan di halaman Kantor Setda Brebes untuk dilakukan pengecekan baik itu, fisik, emisi, pajak kendaraan maupun kelengkapan surat-surat kendaraan.

Sementara, Kepala Bagian Umum Setda Brebes, Setiawan Nugroho usai kegiatan apel mengatakan, ratusan kendaraan dinas tersebut dikumpulkan, jumlahnya ada 119 dengan rician 25 kendaraan roda empat dan 94 kendaraan roda dua.

“Iya total itu ada 119 kendaraan, itu terdiri dari 25 mobil dan 94 sepeda motor. Ratusan kendaraan itu tadi dilakukan cek emisi gas oleh petugas dari Dishub Brebes. Dan untuk pajak kendaraan dicek sama petugas Samsat Brebes,” kata Setiawan yang akrab disapa Wawan, Senin (20/9).

Diketahui, ratusan kendaaran tersebut tidak hanya untuk operasional staf di Setda Brebes saja, melainkan kendaraan pejabat seperti Asisten dan Sekertaris Daerah (Sekda) Brebes juga ikut dilakukan pemeriksaan. Dari pemeriksaan kendaraan dinas tersebut, ditemukan ada 25 persen kendaraan dinas tidak layak, dan mayoritas adalah kendaraan roda dua.

“Untuk kendaraan roda dua seperti sepeda motor ada yang telat pajak tiga tahun. Telat pajaknya karena kendaraan jarang dipakai, ada juga yang di bengkel. Setelah dilakukan pengecekan dan pendataan, untuk kendaraan yang tidak dipakai lagi, akan kami tarik,” lanjut Setiawan.

Disisi lain, Sekda Brebes Djoko Gunawan mengatakan, pemeriksaan kendaraan tersebut tidak lain untuk mengetahui kelayakan kendaraan untuk dimanfaatkan berdinas. Sehingga, di tengah pandemi Covid-19 seperti ini kendaraan dinas di lingkungan Setda Brebes harus tetap ramah lingkungan dan layak pakai.

“Selain mengecek kondisi kendaraan, tadi juga kita melakukan pengecekan pajak kendaraan. Apakah sudah telat atau tidak. Jika sudah telat atau waktunya, maka kita sarankan untuk membayar pajak,” ucapnya.

Dia menuturkan, tujuan pengecekan tersebut untuk mengetahui kondisi kendaraan dalam mendukung kinerja pegawai. Sekaligus mengetahui aset kendaraan yang dimiliki pemerintah Kabupaten Brebes. Diharapkan, semua kendaraan dalam kondisi layak jalan. Jika ada kendaraan yang kurang layak, maka akan dilakukan perbaikan.

“Kepada para ASN yang menggunakan kendaraan dinas, kita harapkan untuk menjaganya dengan baik. Sehingga, aset ini bisa terawat,” pungkasnya. (Gust)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here