Angin Puting Beliung Rusak Puluhan Rumah di Brebes

0

Brebes – Dampak angin puting beliung yang terjadi pada Minggu (19/9) sore di Desa Tanjungsari, Kecamatan Wanasari Kabupaten Brebes mengakibatkan puluhan rumah rusak. Sedikitnya ada 22 rumah di desa tersebut yang rusak akibat disapu angin kencang.

Kepala Desa Tanjungsari Warasmui saat dikonfirmasi membenarkan peristiwa tersebut. Ia menyebut ada 22 rumah yang rusak akibat disapu angin kencang. Peristiwa itu terjadi beberapa saat sebelum hujan.

“Sekitar pukul 15.00 WIB itu gerimis, tapi tiba-tiba angin datang dari arah timur tenggara dan tiba di sini kencang. Sehingga, puluhan rumah rusak,” ungkapnya.

Pihaknya menyebut, tidak ada korban jiwa atau luka-luka akibat kejadian tersebut. Namun dari kejadian tersebut ada puluhan rumah mengalami kerusakan. Sebagaian besar kerusakan ada pada bagian atap rumah.

“Bahkan ada rumah yang temboknya sampai roboh. Yang lokasinya dekat dengan persawahan, rata-rata yang rusak di bagian atap. Baik itu genteng ataupun asbes,” jelasnya.

Selanjutnya, Dia menjelaskan, saat ini pihaknya telah melakukan pendataan terhadap warga yang menjadi korban angin kencang. Dari perhitungan sementara paling rendah total kerugian akibat kejadian tersebut mencapai puluhan juta.

“Untuk saat ini, kami dari pemerintah desa sudah mendata, nanti kami akan memberikan bantuan secukupnya,” terangnya.

Sementara itu, salah satu warga setempat, Masrukhin menuturkan, dari 22 rumah yang terdapak, ada 4 rumah yang rusak parah. “Yang parah itu empat rumah. Sudah ada petugas dari pihak Pemdes Tanjungsari, Koramil dan Polsek Wanasari yang mengecek kerusakan dan mendata,” pungkasnya. (Gust)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here