Dalam Membangun Daerah, Nur Nadlifah; Pendataan Ini Sangat Penting

0

BREBES,- Anggota Komisi IX DPR RI, Nur Nadlifah mengungkapkan Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dan Jaminan Perlindungan Sosial (JPS) mempunyai segudang permasalahan dan kendala. Oleh karenanya, Ia mengajak masyarakat turut menyukseskan pendataan yang dilakukan Pemerintah.

Nadlifah mengungkapkan ini disela kegiatan “Sosialisasi Penguatan Pendataan Keluarga dan Kelompok Sasaran Bangga Kencana” yang digelar pada Selasa (19/10) di Aula Islamic Center, Brebes.

Nadlifah mengatakan, pendataan sangat penting dalam perencanaan pembangunan daerah. Oleh karena itu, Nadlifah mendorong Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Brebes melakukan pendataan warga miskin yang tepat dan benar.

“Pendataan ini sangat penting. Karena seluruh pembangunan manusia yang ada di Kabupaten Brebes ini sumbernya dari pendataan,” kata Nadlifah.

Dengan pendataan yang valid, lanjut Nadlifah, warga masyarakat akan tahu arah pembangunan di Kabupaten Brebes ini. Dan menurutnya, dengan pendataan yang valid, Pemda Brebes bisa mengatur pembangunannya dengan benar.

“Alokasi anggaran yang tepat dengan sasaran yang tepat itu mana kala datanya juga tepat,” tegasnya.

Kalau pendataannya amburadul, menurut Nadlifah, dipastikan pembangunannya juga amburadul. Seperti halnya, kalau pembagian bantuan sosial (bansos) amburadul, itu karena datanya masih amburadul.

“Kalau PKH amburadul, KIS amburadul, KIP amburadul itu semua bermula dari pendataan,” ungkapnya.

Oleh karenanya, Nadlifah mengajak masyarakat untuk membantu petugas yang melakukan pendataan. Selain itu, Ia meminta adanya kerja sama dari berbagai komponen untuk melakukan perbaikan data ini. Mulai dari tingkat desa (pemerintah desa) hingga pemerintah pusat. (Gust).


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here