Menuju PPKM Level 2, Brebes Masih Butuh 75 Ribu Warga Divaksin

0

BREBES, Harianbrebes.com, – Untuk menuju ke PPKM level 2, Kabupaten Brebes masih butuh 5 persen atau sekitar 75 ribu orang yang harus divaksin dari total keseluruhan sasaran vaksin 1.537.324 orang.

Vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Brebes terus digenjot hingga mencapai 50 persen dari total sasaran vaksin, baik untuk masyarakat umum maupun lansia.

Saat ini, capaian vaksin di Kabupaten Brebes pun hampir memenuhi target 50 persen tersebut. Saat ini, di Kabupaten Brebes capaian vaksinasi per 1 November ini sudah mencapai 45,04 persen dari total keseluruhan sasaran vaksin.

Bupati Brebes Idza Priyanti mengatakan, bantuan vaksin beserta vaksinator sangat membantu percepatan vaksinasi di Kabupaten Brebes. Saat ini, Brebes masih berada di level 3 PPKM, sedangkan untuk menurunkan ke level 2 PPKM masih membutuhkan 75 ribu warga lagi yang tervaksin.

“Alhamdulillah untuk vaksin lansia sudah melampaui target. Nantinya Brebes akan ada perubahan level PPKM dari level 3 ke level 2. Kita memang ditarget 40 persen lansia divaksin dan sekarang sudah mencapai 42,54 persen,” katanya di Islamic Center Brebes, Senin (1/10/2021).

Kepala Bidang Pencegahan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan Brebes Imam Budi Santoso mengatakan, capaian vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Brebes dengan total sasaran 1.537.324 orang sudah mencapai 45,04 persen. Sedangkan untuk capaian vaksinasi lansia sudah 42,54 persen dari yang telah ditargetkan 40 persen. Dinas Kesehatan Brebes sendiri menargetkan, capaian 5 persen itu akan tercapai pada pekan depan.

“Kita sudah melampaui target dan untuk menuju 50 persen kita masih kurang 75 ribuan orang yang harus divaksin. Ini ditargetkan akan tercapai diperkirakan semingguan lagi. Kita harapkan dengan stok vaksin yang ada di Kabupaten Brebes insya Allah bisa tercapai 50 persen,” tambahnya.

Saat ini, pihaknya mengaku, tengah menggenjot vaksinasi untuk masyarakat umum di Kabupaten Brebes dengan target 29 ribu sampai 30 ribu per hari. Bahkan, pihaknya mengklaim target tersebut bisa tercapai dengan banyaknya stok vaksin yang ada saat ini.

“Karena kita per hari di Kabupaten Brebes ini bisa mencapai 29 ribu sampai 30 ribu dosis per hari. Sehingga kita harapkan dalam waktu satu minggu ini bisa mencapai kekurangan 5 persen dari 50 persen sasaran vaksin,” tuturnya.

Imam menyebut, dalam minggu ini pihaknya mendapatkan distribusi vaksin sekitar 204.650 dosis. Ditambah lagi saat ini ada vaksin Sinovac sebanyak 26.800 dosis dan vaksin PFiser sebanyak 56.165 dosis. Imam mengklaim, saat ini stok atau persediaan vaksin di Brebes sangat mencukupi untuk mencapai 50 persen.

“Saat ini untuk stok vaksin di Brebes sudah mencukupi untuk menuju PPKM Level 2,” tutupnya. (Gust).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here