Tangki Berkapasitas 31000 KL di Kilang Minyak Pertamina Cilacap Terbakar

0

CILACAP, Harianbrebes.com,- Tangki dengan kapasitas 31.000 KiloLiter (KL) di Kilang Minyak Refinery Unit (RU) IV Cilacap, Jawa Tengah milik PT Pertamina (Persero) terbakar.

Saat ini, Pertamina tengah berupaya maksimal untuk melakukan pemadaman dengan menggunakan High Capacity Foam Monitor pada tangki yang terbakar. Sedangkan untuk tangki di sekitar dilakukan pendinginan dengan water sprinkle untuk mencegah merambatnya kebakaran.

General Manager RU IV Cilacap, Eko Sunarno menjelaskan, kebakaran di Area KPI RU IV Cilacap itu terjadi pada pukul.19.10 WIB. Kebakaran itu terjadi di Tangki 36 T 102 yang berisi bahan komponen pertalite berkapasitas sekitar 31.000 KL.

“Jadi belum jadi produk, itu merupakan komponen produk pertalite,” katanya saat jumpa pers di Head Office PT KPI RU IV Cilacap, Sabtu (13/11/2021)

Selain melakukan pemadaman pada tangki yang terbakar dengan High Capacity Foam Monitor, pihaknya juga mengisolir tangki yang terbakar. Sedangkan untuk tangki di sekitarnya dilakukan pendinginan dengan water sprinkler untuk mencegah merambatnya kebakaran.

“Alhamdulillah kondisi tangki ini bisa kita insulit sehingga 36T102 saja yang memang terjadi tank fire untuk tangki sebelahnya ini bisa kita lakukan cooling dan bisa kita kendalikan,” ucapnya.

Pihak pertamina melakukan pengecekan di lingkungan masyarakat terutama dikawasan sekitar KPI RU IV untuk memastikan keamanan dan berupaya mengevakuasi ke area yang lebih aman. Sementara, menurut Eko, dari kejadian ini tidak ada korban jiwa.

“Terkait kejadian ini tidak ada korban jiwa ya. Pekerja-pekerja yang ada di dalam, terutama pihak ke tiga itu bisa kita evakuasi untuk bisa keluar dari area kilang,” jelasnya.

Eko Sunarno juga memastikan dengan kejadian ini tidak mengganggu pasokan BBM dan elpiji ke masyarakat. Kemudian, pihaknya juga menegaskan, saat kejadian sedang turun hujan lebat dan adanya petir. Namun, pihaknya belum bisa memastikan penyebab dari kejadian kebakaran tersebut.

“Itu kejadian bersamaan, hampir bersamaan dengan adanya petir,” tandasnya.

Sementara itu, Wakapolres Cilacap Kompol Suryo Wibowo menambahkan, setelah mendapatkan informasi kejadian kebakaran di KPI RU IV Cilacap, pihaknya langsung menerjunkan anggota untuk fokus kepada pengamanan masyarakat yang ada disekitar lokasi.

“Alhamdulillah. Sampai dengan saat belum ada informasi adanya korban jiwa, belum ada. Makanya kita fokus kepada pengamanan masyarakat yang ada disekitar lokasi, kita sterilisasi, kita arahkan untuk menjauh dari sekitar lokasi,” imbuhnya.

Selain itu, pihaknya juga melokalisir sekitar area dengan pengalihan jalan, penyekatan dan menutup akses jalan yang menuju ke area kawasan KPI RU IV Cilacap. Polisi juga memberikan himbauan kepada masyarakat sekitar area untuk tetap tenang dan tidak panik. (Hms/Gust)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here