Harga Bawang Remuk Redam, Satlantas Polres Brebes Peduli Petani

0

BREBES, Harianbrebes.com – Remuk redam harga bawang merah membuat nasib para petani terus menderita. Namun begitu, aktivitas pertanian di Kabupaten Brebes harus tetap berlanjut.

Bahkan, adanya pandemic Covid-19 diharapkan tidak serta merta membuat aktivitas petani bawang merah menjadi lesu.

Demikian seperti halnya yang disampaikan Kasatlantas Polres Brebes, AKP. Endah Setianingsih disela kegiatan Operasi Zebra Candi 2021 pada Kamis (18/11) malam, di Desa Klampok, Kecamatan Wanasari, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah.

Dalam kegiatan Operasi Zebra Candi 2021, Satlantas Polres Brebes, juga melaksanakan kegiatan simpatik dengan berbagi nasi kotak gratis.

“Dalam rangka Operasi Zebra Candi 2021, kami juga melaksanakan kegiatan simpatik dengan berbagi kepada tukang becak, tukang ojek, pengemudi bus, dan para petani bawang yang sekarang sedang panen raya sehingga harga bawang merah menjadi anjlok,” ungkapnya.

Petani kecil yang selama ini paling rentan atas fluktuasi harga bawang merah perlu mendapatkan uluran tangan berbagai pihak, salah satunya dengan kegiatan simpatik yang dilakukan Satlantas Polres Brebes ini.

“Kita hanya memberikan support kepada para petani bawang merah,” katanya.

Ia menyebut, kegiatan simpatik kali ini diharapkan dapat memberikan semangat agar para petani tetap produktif meski dalam kondisi pandemi seperti sekarang ini. 

“Walaupun tidak bisa menyelesaikan masalah, tetapi minimal kita sudah memberikan support kepada mereka sehingga lebih semangat dalam mengais rejeki ditengah pandemi seperti ini,” harapnya.

Kasatlantas berharap, dalam melakukan aktivitas di perjalanan, para petani bawang merah di brebes bisa tertib berlalu lintas dan mengutamakan keselamatan. Selain itu, Ia berpesan kepada para petani agar dalam aktivitasnya tetap mematuhi protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran virus Covid-19.

“Kami juga menghimbau kepada para pengemudi dan para petani yang mengangkut hasil panennya dengan kendaraan agar mengutamakan keselamatan dengan tidak mengangkut bawang merah itu melebihi kapasitasnya,” ucapnya.

Sementara itu, Munawaroh (48) yang mengaku senang saat bawang merahnya dibeli langsung oleh Kasatlantas Polres Brebes, menambahkan, upaya membeli ditingkat petani seperti yang dilakukan Kasatlantas tersebut, diharapkan bisa mendongkrak harga bawang merah.

“Terimakasih, tadi polisi sudah membantu kami dengan memberi makanan gratis dan mau membeli bawang juga. Beli bawang merah ditingkat petani itu murah, karena saat ini bawang merah dari Demak harganya cuma Rp5000/Kg ditingkat petani. Kalau dibawa ke Brebes untuk dijual ke pengirim, harganya bisa sampai Rp10.000/Kg. Si pengirim ini, nanti dijual lagi ke luar Jawa, seperti ke Daerah Medan,” tutupnya. (Gust)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here