Nyaris Roboh, Rehab Rumah Triyana Dibantu Puluhan Warga

0

Brebes,- Entah seperti apa rasanya hidup di rumah yang nyaris roboh dan sangat tidak layak untuk di huni. Hal itu dialami seorang ibu, Triyana yang tinggal bersama empat anaknya di RT 01 RW03 Kelurahan Gandasuli, Kecamatan / Kabupaten Brebes Jawa Tengah.

Selama ini, Triyana hanya bekerja serabutan tanpa memiliki pendapatan yang pasti setiap harinya. Dengan penghasilannya, bahkan tidak mampu memperbaiki bangunan rumahnya yang hanya menggunakan kayu dan anyaman bambu.

Atap rumahnya yang bolong bolong membuatnya gelisah. Apalagi, saat tiba musim penghujan. Air hujan yang masuk ke dalam rumah terkadang membuat genangan di lantai rumahnya yang masih tanah.

“Alhamdulillah saya merasa senang dan bahagia karena mendapat bantuan rehab rumah dari Pemerintah, bantuan yang saya terima berupa material seperti bata, genteng, pasir, besi, kayu dan lain-lain,” ucap Triyana, Kamis (25/11).

Kini, Triyana terlihat bahagia dan bersyukur dengan apa yang telah diterimanya. Triyana akhirnya menerima bantuan rehab rumah tidak layak huni (RTLH) yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) pusat tahun 2021.

Ia juga berharap, dengan besarnya nominal bantuan yang diterimanya itu bisa memperbaiki rumahnya.

Kepala Kelurahan Gandasuli, Suharis menjelaskan, kondisi Triyana secara ekonomi tidak mampu. Apalagi ditambah kondisi rumahnya memang tidak layak huni dan sudah pantas untuk mendapatkan bantuan tersebut.

”Bantuan RTLH di Kelurahan Gandasuli ini bersumber dari DAK Tahun 2021. Bantuan sebanyak Rp 20 juta, dengan rincian Rp 17,5 juta untuk material dan Rp 2,5 juta untuk tenaga kerja,” ungkapnya.

Haris membeberkan, anggaran yang Rp 17,5 juta itu warga menerima bantuan dalam bentuk material sesuai kebutuhan. Disini, pihak Disperwaskim melalui toko material yang ditunjuk mengirimkan material kepada warga atau si penerima.

Ada 26 unit rehab rumah dari bantuan RTLH di Kelurahan Gandasuli, Brebes tahun 2021. Untuk yang terakhir ada 8 orang dan Triyana itu yang terakhir dan masuk kategori krusial.

Sementara itu, Ketua RW 03, Imam Bagyono menuturkan, di Lingkungan kami ada 2 warga yang mendapatkan bantuan RTLH, salah satunya Triyana.

“Lah, Triyana memang sudah pantas mendapat bantuan karena kondisi rumahnya hampir roboh, Alhamdulillah sudah terlaksana,” tutur Imam.

Proses pembongkaran dan rehab rumah milik Triyana dibantu secara swadaya oleh warga di lingkungan setempat, anggota Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Ranting Kelurahan Gandasuli.

”Kita perlu bersinergi antara Ormas dan Kelurahan, karena Ormas milik rakyat dan Kelurahan milik Pemerintah, kalau Ormas dan Pemerintah bersinergi pasti terjalin persatuan dan kesatuan, disitulah terjadinya kerukunan dan kenyamanan. Jiwa sosial kami ada, kalau kegiatan bantu tenaga adalah inisiatif sendiri,” pungkas Duryani selaku Ketua Ranting GP Ansor Kelurahan Gandasuli. (Gust)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here