Paramitha ; Sinergitas TV Parlemen dengan Media Lokal dapat Dibangun

0

BREBES, Harianbrebes.com – Anggota Komisi VII DPR RI, Paramitha Widya Kusuma menegaskan, sebagai wakil rakyat sangat menyambut baik terjalinnya sinergitas antara TV Parlemen dengan media lokal, seperti radio dan televisi.

“Melalui lokakarya ini, diharapkan akan terbangun sinergitas antara TV Parlemen dengan radio maupun tv lokal. Radio maupun tv lokal juga harus mengetahui kegiatan-kegiatan anggota DPR RI saat sedang melaksanakan tugas dan kinerjanya di daerah,” kata Anggota DPR RI Fraksi PDI Perjuangan Daerah Pilihan (Dapil) IX yang akrab disapa Mitha kepada wartawan usai tampil sebagai narasumber pada acara Lokakarya Sinergi TVR Parlemen dengan TV dan Radio Lokal dalam Membangun Pemahaman Publik Terhadap Kinerja Anggota DPR RI di Gedung Islamic Center Brebes, Kamis (25/11).

Perempuan asli Brebes ini, menyampaikan pula banyaknya kegiatan yang dilakukan dirinya saat berada di Dapilnya. Di samping juga banyaknya program program sebagai anggota DPR RI yang dapat dimanfaatkan langsung oleh masyarakat yang telah dipublikasikan oleh media lokal baik televisi, radio, cetak, maupun online.

“Diharapkan radio dan tv lokal ini dapat mengetahui ada kegiatan dan dapat diberitakan secara positif apa yang dilakukan oleh anggota DPR RI. Jangan sampai informasi bagus yang dilaksanakan oleh anggota DPR RI tidak terekspos,” katanya.

Namun, lanjutnya, ada informasi sedikit yang kurang atau tidak bagus dari kegiatan DPR RI justru langsung diberitakan oleh rekan-rekan media. Harapannya, tentu agar tidak terjadi seperti hal tersebut.

Mitha juga menanggapi keberadaan media lokal dan radio serta tv lokal khususnya di wilayah Kabupaten Brebes, Kota Tegal dan Kabupaten Tegal yang dinilainya sudah bagus. Dimana, responnya cukup aktif terhadap kegiatan yang dilakansakana oleh anggota DPR RI khususnya di Dapil IX ini.

“Sebagai anggota DPR RI, saya sering memberikan informasi kepada teman teman wartawan lokal terkait adanya kegiatan yang sedang dilaksanakan. Rekan rekan media lokal responnya cukup bagus dalam membantu pemberitaan saat saya melaksanakan kegiatan di daerah,” tandas Mitha.

Mungkin juga, tutur Mitha, kalau dirinya saat menggelar kegiatan secara diam-diam pastinya juga tidak ada pemberitaan dari rekan wartawan.

Mitha menyebut, dengan adanya lokakarya ini, diharapkan bisa terjalin sinergi antara TV Parlemen dengan media lokal. Apalagi sudah ada penandatanganan antara TV parlemen dengan radio-radio lokal supaya mereka bisa menginformasikan berita up to date dari para wakil rakyat dari Dapil Jateng IX ini. Bahkan tv maupun radio lokal dapat mengambil berita-berita dari TV Parlemen untuk disiarkan di radio maupun Televisi lokal.

“Sehingga, melalui informasi di tv maupun radio lokal, konstituen di daerah akan tahu bahwa anggota DPR RI betul-betul memperjuangkan aspirasi masyarakatnya. Bukannya hanya duduk, diam dan duit saja. Tapi, kita betul betul bekerja untuk masyarakat,” kata Mitha.

Sementara, Ketua Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Jawa Tengah, Muhammad Aulia menandaskan, Televisi (TV) Parlemen diharapkan mampu menjangkau siaran yang lebih luas. Dan kerjasama dengan media lokal, seperti radio dan tv lokal di eks Karesidenan Pekalongan merupakan langkah yang sangat penting. Tujuannya, untuk mewadahi kekosongan informasi dari kinerja anggota dewan (DPR R) yang berada di Dapil eks Karesidenan Pekalongan.

“Kita harus akui tidak semua informasi di pusat, teman-teman dewan ini terwadahi. Dengan adanya kolaborasi atau kerjasama ini maka diharapkan kekosongan akan informasi itu bisa segera teratasi. Sehingga masyarakat langsung dapat mencerna dan mengetahui apa sebemarnya yang dilakukan teman-teman dewan di Dapilnya. Sekaligus dapat menjadi sambung rasa apa yang harapkan kelak dilakikan oleh anggota DPR RI di Daplnya masing-masing,” terang Aulia kepada wartawan usai tampil sebagai narasumber pada acara tersebut. (*/Gust)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here