Brebes Raih Puluhan Medali di Kejuaraan POR Dulongmas 2021, Berikut Rinciannya

0

Brebes – Atlet-atlet dari berbagai cabang olahraga (cabor) asal Kabupaten Brebes berhasil meraih puluhan medali di Pekan Olahraga (POR) Dulongmos se-eks Karesidenan Kedu, Pekalongan, dan Banyumas (Dulongmas).

Diantaranya, para atlet senam yang tergabung dalam wadah Persatuan Senam Indonesia (Persani) Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, berhasil menjadi juara umum dalam event Dulongmas, Cilacap.

Untuk cabor renang Dulongmas yang digelar di Kabupaten Cilacap itu, Persani Brebes di bawah binaan Andreas Untung berhasil menggondol 15 medali, dengan rincian 8 medali emas, 5 perak, dan 2 perunggu.

Kemudian, di cabor renang juga, para atlet Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) Kabupaten Brebes di bawah binaan Dedi Yohanes, berhasil menambah koleksi medali kontingen Brebes dengan 2 emas dan 4 perak di ajang POR Dulongmas di Purbalingga.

Baca Juga: Keren, Atlet Renang Ini Sumbang 2 Medali Emas dan 4 Perak Untuk Brebes

Prestasi membanggakan lainnya juga diraih cabor gulat, catur, binaraga, tenis meja, biliar, panahan, cabor bulutangkis, tarung derajat, dan petanque.

Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Brebes, Ahmad Zaeni menjelaskan, untuk para atlet gulat (PGSI) Brebes di bawah binaan Ketua Harian Edi Suwarko, berhasil menjadi juara umum kedua di POR Dulongmas itu yang digelar di Pemalang dengan 8 medali emas, 10 perak, dan 11 perunggu.

Di cabor catur, para atlet Brebes di bawah binaan Ganis Alafuqi Akbar, berhasil mencuri 1 medali emas dan 1 perak di ajang yang sama namun digelar di Cilacap.

“Untuk para atlet binaraga dan fitnes (PBFI) Brebes di bawah binaan saudara Yoseph, berhasil meraih 1 emas dan 1 perak di POR Dulongmas yang digelar di GOR Bambu Rucing, Kabupaten Temanggung pada hari minggu kemarin (28/11),” bebernya, Senin (29/11/2021).

Di cabor biliar, Brebes berhasil memperoleh 1 medali perak dan 2 perunggu di POR Dulongmas di Kota Pekalongan. Cabor panahan tak ketinggalan, Brebes di bawah binaan Tarsono, berhasil membawa 1 medali perak 1 perunggu POR Dulongmas di Kabupaten Pekalongan.

Sementara untuk cabor bulutangkis (Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia) PBSI Kabupaten Brebes, yang digelar di Kabupaten Magelang, hanya memperoleh 1 medali perunggu.

“Prestasi lainnya juga diraih cabor tenis meja. Para atlet PTMSI (Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia) Kabupaten Brebes, berhasil membawa pulang 3 medali perunggu di ajang POR Dulongmas di Kota Pekalongan,” tandasnya.

Selaku Ketua KONI Brebes, Ahmad Zaeni menyatakan bangga sekaligus menyampaikan apresiasi kepada para atlet yang telah mengharumkan kota bawang Brebes di kejuaraan POR Dulongmas yang digelar di berbagai daerah di Jateng itu.

“Terutama kepada Persani Brebes yang berhasil menyabet juara umum, tentunya ini adalah sebuah kebanggaan tersendiri,” sambungnya.

Ia berharap kepada para atlet dibawah naungan KONI Brebes yang berhasil meraih medali maupun yang belum beruntung, agar terus diberikan pembinaan sehingga terus dan akan berprestasi di event-event selanjutnya. Pasalnya, pencapaian keberhasilan yang gemilang tersebut memerlukan sebuah proses.

Seperti diberitakan sebelumnya, untuk cabor petanque, para atlet Brebes di bawah binaan Juwadi, berhasil memboyong 2 medali perak dan 4 perunggu di POR Dulongmas di Batang.

Baca Juga: Atlet Petanque Brebes Raih 6 Medali di Dulongmas, Batang

Kemudian, untuk cabor tarung derajat, atlet Brebes di bawah asuhan Nur Ismawan Laksono berhasil mendapatkan 1 medali emas, 3 perak, dan 3 perunggu POR Dulongmas di Magelang.

Baca juga: Atlet Tarung Derajat Brebes Raih 7 Medali di Kejuaraan Dulongmas

Ketua Cabor Tarung Derajat Kabupaten Brebes, Nur Ismawan Laksono, di ajang POR Dulongmas tahun 2015 lalu, para atletnya hanya mampu mendapatkan 1 medali emas saja.

“Alhamdulillah di POR Dulongmas kali ini bisa menyumbangkan 1 emas, 3 perak dan 3 perunggu. Untuk emas disumbangkan Salma Izani siswi SMAN 1 Brebes di nomor tarung bebas putri kelas 45,1-50 kg,” tuturnya.

Target Nur Ismawan jengka pendek adalah meraih prestasi sebaik mungkin di di kejuaraan Pra Porprov dan Porprov tahun 2022 mendatang, sehingga para atletnya harus digembleng secara ekstra.

“Emas ini sangat baik bagi perkembangan cabor tarung derajat di Kabupaten Brebes,” imbuhnya. (Aan/Gust)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here