Antisipasi Virus PMK, Pengawasan Mobilisasi Hewan Ternak Diperketat

0

Banjarnegara – Aparat kepolisian dari Polres Banjarnegara bakal memperketat pengawasan mobilisasi hewan ternak khususnya sapi. Langkah ini dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya penyebaran virus penyakit mulut dan kuku (PMK) di wilayah hukum Polres Banjarnegara.

Dalam mendukung program Pemerintah terkait antispasi penyebaran virus terhadap hewan ternak tersebut, sejumlah petugas juga melakukan pengecekan di tempat peternakan sapi penduduk, pasar hewan dan tempat penyembelihan sapi di wilayah Banjarnegara.

Kapolres Banjarnegara AKBP Hendri Yulianto SIK, MH mengatakan, pihaknya tengah memberikan pengarahan dan sosialisasi terkait bahaya penyakit mulut dan kuku pada hewan ternak kepada masyarakat.

“Kita akan bersinergi dengan Dinas Peternakan serta dinas terkait untuk berkoordinasi dalam rangka upaya pencegahan penyakit mulut dan kuku pada hewan ternak yang saat ini lagi banyak dibicarakan terkait penularan di beberapa wilayah,” katanya. Rabu, 11 Mei 2022 di Mapolres Banjarnegara.

Ia mengatakan, pihaknya siap bekerja sama dengan Dinas terkait untuk melakukan patroli dan melakukan pengawasan terhadap aktivitas keluar masuk (mobilisasi) hewan ternak di wilayah Kabupaten Banjarnegara serta melakukan patroli terpadu di tingkat kecamatan dan sentra-sentra peternakan dengan terus memberikan sosialisasi, imbauan dan edukasi kepada masyarakat agar tetap tenang dan waspada.

“Kami mengimbau masyarakat agar tetap tenang, namun tetap waspada virus PMK dengan tindakan pencegahan dini, seperti membatasi penerimaan ternak dari wilayah lain, memastikan kebersihan kandang,” tandasnya.

Pengecekan sapi disejumlah tempat juga dilakukan sebagai upaya pencegahan penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK), khususnya di Wilayah Kabupaten Banjarnegara.

“Kami mengecek ketempat peternakan, pasar dan tempat penyembelihan sapi, hasil kegiatan tersebut sampai saat ini tidak ditemukan tanda-tanda sapi yang terjangkit virus PMK,” tuturnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here