Jaring Bacaleg yang Kompeten dan Kompetitif, PKB Brebes Gelar UKK

0

BREBES – Sebanyak 50 bakal calon legislatif (bacaleg) Fraksi PKB DPRD Brebes mengikuti uji kelayakan dan kepatutan (UKK) untuk menjaring calon legislatif yang kompeten dan kompetitif untuk bertarung dalam pemilu serentak 2024 mendatang. UKK dilakukan secara bertahap selama 2 hari 18-19 Maret 2023 di aula gedung DPC PKB.

Dalam prosesnya, tahapan penyaringan bacaleg sebelum ditetapkan caleg tersebut melibatkan 3 unsur sebagai penguji, yakni akademisi, ulama, dan internal partai. Yang demikian itu, untuk memastikan para bacaleg yang telah mendaftar baik petahana yang akan mencalonkan diri maupun para pendatang baru memiliki kemampuan dan kompetensi yang cukup dalam menghadapi pemilu legislatif (pileg) tahun 2024.

“Selain untuk merapatkan barisan semua kader PKB Kabupaten Brebes Pemilu 2024, uji kepatutan dan kelayakan ini juga sebagai alat untuk menguji pemahaman Bacaleg tentang partai politik, kebangsaan, serta komitmen untuk menenangkan PKB dan Gus Muhaimin Iskandar sebagai Presiden RI pada Pemilu 2024 mendatang,” kata Ketua DPC PKB Zubad Fahillatah, Minggu (19/3).

Untuk target pileg, ia menyatakan, PKB Brebes memiliki target menang, tidak berpatokan pada perolehan kursi. Namun, pihaknya berpatokan target menang.

“Kami sudah menyiapkan kader sejak 3 tahun yang lalu serta caleg yang potensial,” tambahnya.

Menurut Zubad, untuk kriteria caleg dari PKB Brebes sendiri yakni dengan SDM yang mumpuni, mampu secara finansial dan tentunya elektabilitas. Untuk memenangkan PKB, pihaknya setiap minggu survei ke masing masing daerah pemilihan bahkan survei itu dilakukan masing masing bacaleg.

“Nantinya, mereka harus memperbanyak silaturahmi untuk meraih suara sebanyak mungkin. Sehingga kami sudah mengetahui kriteria caleg yang kami harapkan,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Lembaga Pemenangan Pemilu (LPP) PKB Brebes, Moch Iqbal Tanjung mengatakan, sebanyak 50 bacaleg yang siap berkompetisi menjadi caleg nantinya. Karena hampir sudah semua dapil overload.

“Jadi memang UKK kali ini menjaring bacalag yang kompeten. Terkait untuk uji kelayakan nya bagaimana para bacaleg untuk mengabdi kepada masyarakat dan mengabdi kepada PKB juga,” kata Moch Iqbal Tanjung.

Ia berharap, dari UKK kali ini mendapatkan bacaleg yang kompeten dan kompetitif untuk bersaing dalam pemilu serentak 2024 mendatang.

“Semua bacaleg pasti akan diuji, makanya adanya UKK ini kan untuk menjaring bacaleg yg sudah mendaftar yang nantinya kami daftarkan ke KPU yg sebentar lagi pendaftarannya bakal di buka,” jelasnya.

Hasil dari UKK, menurut Iqbal, nantinya ada penilaian yang menjadi ukuran dalam bacaleg itu menjadi caleg tetap, kemudian juga menjadi tolak ukur penentuan nomer urut.

“Untuk penguji sendiri terdiri dari intern dan external partai atau akademisi,” pungkasnya. (Gust)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here