Ziarah ke Makam Mantan Bupati Brebes

0

Harianbrebes.com, Brebes–Penjabat Bupati Brebes Iwanuddin Iskandar SH M Hum didampingi Istri Ny. Dewi Wika Iwanuddin Iskandar bersama jajaran Forkopimda, Sekda Brebes, Staf Ahli Bupati, Asisten Sekda, dan para Kepala OPD, BUMD, Direktur RSUD, Baznas Kabupaten Brebes, serta Camat melaksanakan roadshow ziarah kubur dalam rangka memperingati Hari Jadi ke 346 Kabupaten Brebes Tahun 2024 ke makam mantan Bupati dan sesepuh Brebes disejumlah titik di wilayah Kabupaten Brebes dan Kabupaten Tegal. Selasa (16/1/2024).

Roadshow ziarah kubur diawali dengan pembacaan tahlil dan doa di ruang Joko Poleng Komplek Pendopo Bupati Brebes yang dipimpin KH Saefudin. Berikutnya PJ Bupati beserta rombongan menuju ke Panembahan Losari atau Pangeran Angkawijaya di Desa Losari Lor, Kecamatan Losari Brebes dan dilanjutkan ke makam Mbah Ruby Klampok Wanasari.

Rombongan selanjutnya bertolak ke Makam Bupati Tadjudin Noor Aly di Desa Kertabesuki, Kecamatan Wanasari Brebes dan dan berakhir di Makam Syeh Djunaedi yang berada di Desa Randusanga Wetan, Kecamatan Brebes.

Di Makam Mbah Ruby, terdapat makam Arya Singasari Pranata Yuda yang menjabat Bupati Brebes kurang lebih 27 tahun. Sementara yang bergelar Kanjeng Adipati Pranata Yuda II atau dikenal dengan nama mbah Klampok yang dimakamkan di Klampok Kecamatan Wanasari, menggantikan menjadi Bupati Brebes kurang lebih 14 tahun (1836–1850). Sedangkan cucunya yang bergelar Kanjeng Adipati Singasari Pranata Yuda III yang juga dimakamkan di Klampok yang memegang pemerintahan paling lama sebagai Bupati Brebes kurang lebih 28 tahun (1850–1878). Dan selanjutnya rombongan menuju pemakaman Desa Kertabesuki Kecamatan Wanasari yakni makam mantan Bupati Brebes H M Tadjudin Noor Aly yang merupakan Bupati asli putra daerah pada masa jabatan tahun 1999–2001.

Dalam ziarah jelang Hari Jadi ke-346 Kabupaten Brebes itu, rombongan melakukan tahlil dan doa bersama yang dipimpin ulama setempat dan tabur bunga.

Ziarah ke makam mantan Bupati Brebes di Kabupaten Tegal Tim 2 dipimpin Sekda Brebes Ir H Djoko Gunawan MT. Ziarah pertama ke makam KH Syatori Bupati Brebes Ke 17 (1946-1947) di desa Talang Kecamatan Talang Kab Tegal, juga istri almarhum KH Syatori Hindun binti H Saleh. KH Syatori merupakan putra dari H Amir dan Sopiah, dalam kesempatan tersebu hadir juga cucu KH Syatori. Ziarah dengan agenda tahlil dipimpin Ustadz Sukron

Selanjutnya rombongan menuju makam Puspanegara II Bupati Brebes yang memimpin Brebes sekitar tahun 1683 di Desa Kalisoka, Kecamatan Dukuhwaru, Kab Tegal dan tahlil dipimpin ustadz Taufiq. Cerita terkait Puspanegara II adalah perlawanan terhadap Belanda bersama Rara Dumeling juga tentang Legenda Kararangbirahi dan Sigambir.

Terakhir kunjungan ke makam Kanjeng Adipati Arya Singasari Panatayuda I Bupati Brebes ke 5 di Desa Suro Kidul Kecamatan Pagerbarang Kab Tegal. Kanjeng Adipati Arya Singasari Panatayuda I sebutan lainnya Kanjeng Kyai Brebes (Mbah Dalem Sura). Putra dari Patih Karawang Raden Singanagara dan Raden Ayu Singasari Kusuma/ Nyai Raden Amsi’ah

Saat Ziarah ke Kanjeng Adipati Arya Singasari Panatayuda I Sekda Brebes H Djoko Gunawan sempat melihat makam R Soemarto Prawira Tenaja seorang Pensi Patih Brebes wafat tahun 1931.

Pj Bupati Brebes Iwanuddin Iskandar SH MHum mengatakan, ziarah merupakan upaya penghormatan dan rasa terima kasih kepada para pendahulu Kabupaten Brebes. Dikatakannya, para leluhur tersebut harus dihormati terkait jasa-jasa yang telah di diberikan untuk Kabupaten Brebes, bangsa dan negara.

“Semoga arwah para Bupati Brebes mendapatkan tempat yang layak di sisi-Nya. Selamat Ulang Tahun Brebes, Brebes rukun, raket, raharja,” pungkas Iwanuddin. (Hb-sup-bam-was)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here