Meriahnya Gelaran Teater Dinparbudpora dan Dewan Kesenian Kabupaten Brebes

Salah satu peserta teater pelajar dari SMK Ma'arif NU 1 Bulakamba.
o /

Dinparbudpora dan Ketua Dewan Kesenian Kabupaten Brebes menggelar festival teater di GOR Sasana Krida Adhikarsa (26/11).

Dinas Pariwisata Budaya Pemuda dan Olahraga (Dinparbudpora) Kabupaten Brebes bersama Dewan Kesenian Kabupaten Brebes menggelar festival teater bagi pelajar dan kategori umum. Diikuti 14 peserta yang terdiri 8 teater pelajar dan 6 teater umum. Festival teater yang bertema membangun Kabupaten Brebes dengan kearifan lokal mendapat apresiasi dari Pemerintah Kabupaten Brebes yang diwakili Sekda Brebes, Emastoni Ezam, SH, MH.

“Kami berharap festival ini bisa berkelanjutan sebagai agenda berkesenian dari Dinparbudpora. Juga dapat menumbuhkan potensi dari sisi peminatan masyarakat terhadap dunia teater di Kabupaten Brebes,” kata Emastoni dalam sambutannya di GOR (Gedung Olahraga) Sasana Krida Adhikarsa (26/11).

Inti dari kegiatan tersebut menurut Kepala Dinparbudpora, Amin Budi Raharjo, untuk mengapresiasi dinamika berkesenian di Kabupaten Brebes yang sangat menarik dan mulai tumbuh teater-teater pelajar dan sanggar seni. Masyarakat dapat menggali kecerdasan yang bersifat nilai tradisi dan kebudayaan khususnya di kabupaten Brebes.

“Ini merupakan kegiatan pertama kali dalam kesenian berteater yang diselenggarakan di Kabupaten Brebes bersama dengan Dewan Kesenian,” katanya.

Dinparbudpora Kabupaten Brebes mempercayakan festival tersebut kepada beberapa dewan juri yang sangat kompeten di bidangnya, seperti Apito Laire (Seniman Tegal), Wahyudin, Lukman Suyanto (Pegiat Teater), Budi Lukito, selaku Ketua, Komite Teater Dewan Kesenian Kabupaten Brebes.

Dalam festival teater yang digelar selama 2 hari tersebut yakni 26 dan 27 November, ada beberapa yang menjadi penilaian dewan juri, di antaranya keterkaitan dengan tema, penyajian, penjiwaan aktor, artistik dan musik, serta kedisiplinan.

“Bagi pemenang festival teater tersebut, Dinparbudpora telah menyediakan trofi dan uang pembinaan total 6 juta rupiah,” katanya.

Berdasarkan hasil keputusan dewan juri pada tanggal 27 November 2016 hari minggu, untuk Juara Teater Pelajar, sebagai juara I Teater SMK Bisma Kersana, juara II SMK Karya Bhakti dan juara III SMA Negeri 2 Brebes. Sementara Juara Teater Umum, sebagai juara I Teater Akur Brebes, juara II Teater 04 dan juara III Sanggar Kreatif Kebogadung, Jatibarang. (Ahmad Taufik)

LEAVE A REPLY