Panwaskab Ajak Tokoh Masyarakat dan Ormas Sebagai Pengawas Partisipatif

Foto: Panwaslih Brebes Mengajak Tomas dan Ormas Menjadi Pengawas Partisipatif Pilkada Serentak Kabupaten Brebes.

Brebes, harianbrebes.com – Panitia Pengawas (Panwas) Kabupaten Brebes ajak tokoh masyarakat dan Ormas untuk mengawasi pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Brebes 2017.
Selain Media massa yang hari Senin lalu diundang, kali ini tokoh masyarakat dan Ormas juga dianggap memiliki peran strategis untuk mengawasi Pilkada serentak 2017 Bupati dan wakil Bupati kabupaten Brebes sehingga pelaksanaannya lebih berkualitas dan demokratis.

“Melalui bimbingan teknis pengawasan ini diharapkan masyarakat bisa berpartisipasi aktif dalam tahapan pemilu,” kata Wijanarto dalam penyampaiannya sebagai moderator dalam acara Bimtek Pengawasan Partisipatif pada penyelenggaraan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati tahun 2017 di Brebes, Selasa, (6/12).

Ia berharap semua elemen masyarakat dapat bersinergis dengan pengawas sehingga minimalisir adanya kecurangan dalam pemilu serentak 2017 di Kabupaten Brebes. Ungkapnya.

Bimtek Pengawasan Partisipatif pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Brebes 2017 tersebut salah satunya dilatarbelakangi minimnya kekuatan personel Panwas dalam pengawasan.
Bimtek yang diikuti 100 orang peserta dari kalangan tomas dan ormas se- Kabupaten Brebes berlangsung selama kurang lebih sampai pukul 13.00 WIB.

Dalam kesempatan yang sama komisioner Panwaslih Kabupaten Brebes Taufiqurrohman mengatakan dalam penanganan pelanggaran pemilu Panwaslih Kabupaten Brebes sudah berintegrasi dengan Kepolisian dan Kejaksaan yang nanti dikategorikan pidana umum atau pidana khusus pemilu.

Acara yang digagas oleh Panwaslih Kabupaten Brebes itu juga mensosialisasikan aplikasi Gowaslu, dimana masyarakat dapat mengakses dan mengunduhnya melalui playstore.

“Sistem aplikasi ini sama dengan aplikasi ojek online, dimana pelaporan / pengaduan masyarakat akan langsung diterima server kemudian langsung terhubung dengan sistem aplikasi anggota panwascam terdekat di lokasi kejadiannya,” kata Widiantoro staff Bawaslu Jateng.

Acara yang bertempat di rumah makan Setti Family Randusanga Brebes diharapkan akan memberi edukasi bagi para peserta yang diantaranya tokoh masyarakat dan ormas dan setelah selesai acara tersebut dapat menularkannya kepada masyarakat di wilayah tempat tinggalnya. [Red.Hb/Ys/Taufik]

LEAVE A REPLY