Nyong Kaos Brebes, Produk Lokal Kwalitas Terbaik

Manshur, Pemilik Nyong Kaos Brebes memberikan Kaos produksinya kepada salah satu artis Ibu Kota. [Foto: Manshur]
o /

Brebes, Harianbrebes.com-Usaha yang dirintis oleh seorang putra keturunan brebes ini, sungguh luar biasa. Manshur, Seorang bapak yang masih terlihat muda. Ia adalah sang pemilik usaha kaos khas kota brebes ini.

 
Sejak itu, Nyong Kaos Brebes ‘booming’ mencuri perhatian warga brebes dengan hasil karyanya. Usahanya sendiri, ia rintis sekitar pertengahan tahun 2011. Berawal dari ide membuat kaos khas kota brebes. Ia terinspirasi dengan melihat-lihat produk kaos di kota-kota lain di Indonesia.

“Awalnya, Saya melihat produk kaos di Indonesia yang sudah mapan,” katanya di kedai kaosnya.

Menurutnya, ia harus melihat produk kaos yang sudah dibuat dulu di kota lain untuk melihat ciri khas masing-masing. Sehingga, dari inspirasi di kota lain, ia dapat membuat kaos nyong sebagai oleh-oleh khas kota bawang ini.

Sambil memulai usaha yang masih bersifat kecil-kecilan, Ia mengembangkan karyanya. Ayah tiga anak inipun, rajin bersilaturahmi ke sesama pengusaha konveksi dan sablon.

Dalam silahturahminya, ia tak henti-hentinya menyalurkan ide dan gagasanya. Melalui desain-desain kaos yang unik dan lucu, tentunya dengan mengusung tema kota Brebes tercinta.

“Aku cinta Brebes, dengan bahasa ngapaknya,” ujarnya sambil memainkan komputer kesayangannya.

Produk kaosnya, Ia namai dengan “ Nyong Kaos Brebes”.Alasan memilih kata-kata ini menurutnya, kata ‘Nyong’ ini sudah sangat khas mencerminkan warga Brebes dengan bahasa ngapaknya.

“Kata Nyong memiliki makna Aku (red-saya), dan kata ini pun terdengar unik ketika di ucapkan,” katanya sambil promosi.

Baginya berharap, siapapun yang menggunakan kaosnya, akan menambah keren dan percaya diri sesuai dengan mottonya, “Nganggo Kaose Nambah Keren Sung (pake kaosnya jadi tambah keren).

Gemladagnya Nyong Kaos Brebes saat ini, Ia bersyukur kepada Allah SWT. Hal ini, karena produknya bisa diterima oleh masyarakat Brebes dan sekitarnya, maupun pengunjung yang datang dari luar kota.

Kaos Nyong ini diminati bukan hanya masyarakat Brebes dan sekitarnya. Namun, warga luar kota pun banyak yang suka, bahkan beberapa band-band local maupun artis ibu kotapun menyukai produk kaos ini.

“Bukan hanya masyarakat Brebes dan sekitarnya yang suka, namun juga luar kota bahkan artis Ibu kota,” katanya.

Selain itu, Kaos Nyong ini sangat nyaman bahannya dipakai. Harganya juga sangat terjangkau untuk kaos sekelas dan berkualitas yang biasa masuk ke distro-distro maupun mall. Produk kaos ini pun diproduksi menggunakan bahan Cotton combed yang halus.

Merk Nyong Kaos sendiri sudah terdaftar di Kementerian Hukum dan HAM RI, kebanggaan ini tak lain, ia ingin memperkenalkan dan mengharumkan kota brebes melalui produk kaosnya.

“Jadi brebes tidak hanya dikenal dengan bawang merah dan telor asinnya saja. Kini sudah memiliki merchandise produk kaos Nyong,” tegasnya.

Bahkan baru-baru ini sang pemilik telah mematenkan produk kaosnya. Agar karyanya bisa lebih dikenal di seluruh nusantara. Selain itu, bisnis kaos yang sedang dijalani ini juga melayani pemesanan online melalui media social.

Bagi pengunjung yang ingin memiliki produk kaosnya, bisa datang ke outlet resminya di jalan Letjend suprapto pasarbatang brebes.

Bukan hanya produk kaos yang ia jalani, namun sang pemilik merk pun menyediakan produk-produk merchandise lainya berupa, topi jaring( trucker), snapback, sweater hoodie, gantungan kunci, Mug dan lain-lain.

Produk yang ditawarkan pun cukup menarik minat pembeli dengan desain kata-kata, maupun gambar-gambar yang unik khas dari kota brebes. Uniknya, setiap bulan sang pemilik mengeluarkan desain-desain terbaru yang semakin unik dan lucu. Yang mengikuti trend yang sedang ramai di masyarakat.

Sang pemilik menuturkan, bahwa usahanya ini kelak agar bisa berkembang lebih baik lagi, sehingga setiap orang yang berkunjung ke kota brebes memiliki kenangan indah tersendiri. Ia pun berharap agar usahanya ini bisa diteruskan turun-temurun untuk keturunan keluarganya dengan tetap menjaga kwalitas produknya, bahkan masyarakat yang mau belajar. [] Adv. [Red-Hb/Arkana]

LEAVE A REPLY