Dewan Kesenian Brebes adakan Gemladag Budaya Bumi Brambang

Rapat panitia Gemladag Budaya Bumi Brambang di Bumiayu, Sabtu (10/12) [Foto: kiriman Agep Zulfikar]
o /

Brebes,Harianbrebes.com-Dewan Kesenian Kabupaten Brebes akan menggelar festival budaya, Gemladag Budaya Bumi Brambang. Kegiatan tersebut merupakan refleksi budaya di akhir tahun 2016 dan direncanakan akan digelar di dua titik, yaitu di Brebes Kota dan wilayah Bumiayu, Kabupaten Brebes.

Dalam kegiatan tersebut akan ada kolaborasi beberapa kesenian dari beberapa seniman di Kabupaten Brebes.

Gemladag budaya ini akan digelar pada akhir Desember, tepatnya di wilayah Bumiayu pada 22-24 Desember, sedangkan untuk kegiatan di Brebes Kota akan digelar di jalan MT. Haryono pada 26-28 Desember.

“Ini merupakan event yang merupakan eksplorasi kesenian kita, sekaligus menyambut Hari Jadi Kabupaten Brebes ke 339 yang jatuh pada 18 Januari 2017. Kami mencoba merepresentasikan beberapa potensi kesenian,” kata Wijanarto, S.Pd, M.Hum selaku Ketua Dewan Kesenian Kabupaten Brebes (9/12).

Semua seniman, kata Wijan, akan dilibatkan dalam Gemladag budaya tersebut, yang meliputi kesenian sintren, tari, Kuda lumping dan beberapa pertunjukan.

“Intinya kami akan mengeksplorasi kearifan lokal termasuk kekayaan budaya yang ada di Kabupaten Brebes. Karena sebetulnya Kabupaten Brebes itu sangat kaya dengan budayanya yang tentunya ada dua kebudayaan, yaitu Jawa dan Sunda,” imbuhnya.

Wijan melanjutkan, Gemladag budaya sebagai refleksi akhir tahun ini menurutnya akan berbeda dengan tahun sebelumnya. Di mana pada tahun sebelumnya tidak semeriah dengan yang direncanakan akhir tahun 2016 ini.

“Kami yakin, dengan bekerja sama dengan teman-teman seniman, festival Gemladag Budaya Bumi Brambang ini akan lebih meriah dari tahun sebelumnya,” tandasnya.[Red-Hb/Suta]

LEAVE A REPLY