Dr. H. Bambang Sadono, SH, MH: Pancasila Harus Diperkuat

Teguh Wahid Turmudi, SH Ketua DPD Golkar Brebes didampingi H. Sudono Wakil Ketua DPRD Brebes dan Urip, ST Wakil Ketua DPD Golkar Brebes, saat memberikan kenang-kenangan pada Dr. H. Bambang Sadono, SH, MH di Aula Golkar, Jum'at (16/12) [Foto: Abbas]

Brebes, Harianbrebes.com–Ketua Badan Pengkajian MPR Bambang Sadono mengatakan, salah satu yang menjadi kajian badan yang dipimpinnya adalah menjelaskan di mana Pancasila harus diperjelas dan diperkuat sebagai dasar Negara Republik Indonesia.

 
Hal ini disampaikan pada serap aspirasi masyarakat “Penguatan Sistem Demokrasi Pancasila” Anggota DPD RI / MPR RI, Jum’at (16/12) di Aula DPD Golkar Kabupaten Brebes. Tampak hadir Ketua DPD Golkar Teguh Wahid Turmudi, SH, Wakil Ketua DPRD Brebes H.Sudono, Ketua Komisi I Hj. Siti Mazkiyah, SH, M.MKes, Khajirin (Anggota DPRD Brebes), Ketua AMPG Agus Imam, Pengurus DPD, PK Golkar dan ratusan peserta serap aspirasi.

Diakuinya saat ini Pancasila banyak ditinggalkan oleh masyarakat bahkan lembaga pembuat undang-undang sendiri. Bahkan banyak undang-undang yang tak mencerminkan nilai-nilai Pancasila.

“Kita harus menempatkan Pancasila sebagai dasar negara,” Kata Mantan ketua DPD Golkar Jawa Tengah saat memberikan semangat peserta yang hadir.

Menurutnya, Pancasila sebagai dasar negara itu pun masih terjadi perdebatan. Ada yang menyakini Pancasila termuat dalam Pembukaan UUD NKRI Tahun 1945. Dan ada juga Ketetapan MPR yang menyebut Pancasila sebagai dasar Negara. Namun semua ketetapan itu sekarang dicabut semua sehingga acuan Pancasila mengacu pada Pembukaan UUD.

Banyaknya perdebatan yang ada di masyarakat tentang Pancasila maka yang harus dilakukan adalah perjelas dan pertegas posisi Pancasila sampai produk turunannya.

“Pancasila harus diperkuat, Pancasila harus disosialisasikan terus, Pancasila harus dijabarkan dan dipertegas sebagai UU, maka Pancasila akan kuat” tegasnya.
Soal Pancasila, Bambang Sadono menginginkan ada lembaga yang bertanggungjawab terhadap Pancasila, seperti BP7 semasa Presiden Soeharto. Diharapkan jangan sampai ganti Presiden ganti kebijakan, ganti menteri ganti aturan.

“Untuk itu disini pentingnya haluan Negara atau GBHN dihidupkan lagi,” kata Bambang Sadono.

Sementara itu, Ketua DPD Golkar Brebes Teguh Wahid Turmudi, SH mengatakan pentingnya menjaga Pancasila untuk NKRI dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Pancasila harga mati untuk NKRI”, tegasnya.

Pasca serap aspirasi, Bambang Sadono selaku Anggota DPD / MPR RI melanjutkan peletakan batu pertama pembangunan Kantor DPD Golkar Brebes yang baru dan kunjungan ke UKM Telor Asin Kelurahan Limbangan Wetan. [Red-Hb/Arkana]

LEAVE A REPLY