Kwarran Brebes dan Bulakamba Tergiat LT III

Aris Munawir Kepala Sekretariat Kwarcab Brebes saat memberikan piala Tergiat 1 kepada Kwarran Brebes. [Foto: Humas Kwarcab]
>

Brebes, Harianbrebes.com-Regu Garuda dari Kwartir ranting (Kwarran) Brebes berhasil menjadi tergiat 1 pada Lomba Tingkat (LT) III tingkat Kwartir Cabang (Kwarcab) 11.29 Brebes untuk putra. Tergiat 2 regu Garuda Kwarran Tonjong dan tergiat 3 regu Garuda Kwarran Salem.

Sementara untuk putri, regu Melati dari Kwarran Bulakamba sebagai tergiat 1, regu Teratai dari kwarran Tonjong tergiat 2 dan regu Cempaka dari Kwarran Brebes berhasil menjadi tergiat 3.

“Karena menjadi juara 1 dan 3, maka sebagai tergiat umum diraih Kwarran Brebes,” ucap Koordinator Juri Dahudin saat membacakan pengumuman hasil LT III saat upacara penutupan di Obyek Wisata Waduk Malahayu, Kamis (15/12) lalu.

Sebagai tergiat 1 putra dan putri yakni Kwarran Brebes yang diwakili gudep SMP 2 Brebes dan Kwarran Bulakamba yang diwakili gudep SMP 1 Bulakamba, berhak menjadi duta Kwarcab Brebes pada LT IV yang bakal diselenggarakan di Semarang April 2017 mendatang. Hadiah tropy diserahkan Kepala Sekretariat Kwarcab Brebes Aris Munawir.

Aris Munawir menjelaskan, LT III menjadi ajang mengasah kemampuan individu dan regu serta sebagai ladang evaluasi pembinaan pramuka di tingkat penggalang. Sebanyak 17 regu putra dan 17 regu putri dilibatkan dalam ajang bergengsi lomba penggalang tingkat Kabupaten Brebes.

Lomba dikemas dalam bentuk perkemahan penggalang yang diisi dengan berbagai lomba dan kegiatan lainnya.

“Kegiatan lomba tingkat III ini adalah kelanjutan dari Lomba Tingkat II yang digelar di masing-masing ranting sebelumnya,” tandas Munawir.

Lomba Tingkat Pramuka Penggalang dilakukan secara berjenjang yang diawali dari Lomba Tingkat I di Gugus depan, kemudian LT II di Kwartir Ranting dan LT III di tingkat Cabang hingga kemudian LT IV tingkat Provinsi dan LT V di tingkat Nasional.

Dalam LT III sebagai ajang seleksi dalam kegiatan serupa ke LT IV di Provinsi melombakan sejumlah materi yang dibagi dalam empat kelompok besar diantaranya, agama, mental spiritual dan pembentukan watak, selain itu juga ketangkasan, olahraga dan patriotisme termasuk kesehatan dan keterampilan serta seni dan budaya.

LT III yang berlangsung selama tiga hari tersebut, dibuka Ketua Kwarcab Brebes H Emastoni Ezam dengan memukul genderang. Kak Toni berharap lewat lomba yang dilaksanakan di alam terbuka dengan perkemahana itu tidak semata-mata merebut juara dan berprestasi. Namun hal mendasar yang harus ditanamkan adalah jiwa terbuka, sportifitas dalam berkompetisi serta cerdas dalam meraih prestasi.

“Ukirlah prestasi sejak dini, jangan tunggu nanti,” ajak Emastoni Ezam. [Red-Hb/Arkana]

 

LEAVE A REPLY