Ratusan Pembina Pramuka Digembleng KMD

Suasana KMD bagi pembina di Kwaran Brebes dan Kwaran Bulakamba di Bulakamba, Minggu (18/12). [Foto: Humas Kwarcab]

Bulakamba, Harianbrebes.com-Mengisi liburan semester ganjil, ratusan Pembina pramuka dari berbagai pangkalan gugus depan digembleng dalam Kursus Mahir Pramuka tingkat Dasar (KMD) Kwarcab Brebes di Kwarran Bulakamba.

Mereka mendapatkan materi dan praktek kepramukaan selama seminggu dalam bentuk perkemahan. Sehingga diharapkan peserta bisa mendalami secara penuh, menyerapi, menghayati serta mampu mempraktekan pada saat membina peserta didik digugus depannya masing masing.

Wakil Ketua Bidang Pembinaan Anggota Dewasa (Wakabid Binawasa) Kwarcab Brebes Budi Adjar Pranoto menjelaskan, Kwarcab Brebes sangat membutuhkan ribuan Pembina Pramuka mahir. Karena, idealnya setiap seorang Pembina membina 20 peserta didik, tapi keadaan riil seorang pembina masih menangani 40-50 perserta didik.

“Untuk merevitalisasi Pramuka, kebutuhan Pembina harus dipenuhi, antara lain dengan jalan KMD,” ucap Budi Adjar saat membuka KMD Kwarcab Brebes di SMK Negeri 1 Bulakamba, Minggu (18/12).

Menurut Adjar, manusia akan berguna manakala bermanfaat bagi orang lain. Termasuk para Pembina pramuka yang setiap saat membina manusia Indonesia. Perilaku menyimpang seseorang, perlu dibentuk karakternya yang lebih baik lagi. Karakter itu harus dibentuk, bukan dibiarkan mengembara.

Pembina pramuka, dalam pandangan Adjar ada empat yakni pertama Pembina biasa, yang cuma memberi tahu. Kedua, Pembina yang baik, bisa menerangkan atau menjelaskan. Ketiga Pembina yang paling baik, mampu mendemonstrasikan dan keempat Pembina superior, yakni Pembina yang mampu memberi inspirasi, sehingga anak terinspirasi atau mengikuti petunjuk pembinanya.

“Jadilah, pembina yang superior sehingga ada perubahan karakter pada peserta didiknya,” pesan Adjar.

Pembukaan ditandai dengan pengalungan tanda peserta kepada dua orang perwakilan. Selanjutnya Adjar menyerahkan tunggul kursus kepada pimpinan kursus Supriyono sebagai tanda kegiatan dimulai.

Ketua Panitia Haryono menjelaskan, kegiatan diikuti 105 calon Pembina pramuka diberbagai pangkalan gugus depan.

“Dari Kwarran Bulakamba ada 86 peserta selebihnya berasal dari berbagai kwarran di Kabupaten Brebes,” pungkasnya.

Para peserta mendapatkan materi kursus dari Korps Pelatih Kwarcab Brebes yang sudah mendapatkan pelatihan dari Kwarda maupun Kwarnas. [Red-Hb/Arkana]

LEAVE A REPLY