Brebes Kembali Rebut Anugerah Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak

Plt. Bupati Budi Wibowo bersama Khambali Kepala BKBPP Brebes saat menerima penghargaan APE untuk Brebes, Rabu (21/12). [Foto: Humas Brebes]
o /

Jakarta, Harianbrebes.com-Kabupaten Brebes kembali menerima Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) kategori Madya dari Presiden Republik Indonesia. Penghargaan diserahkan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Rabu (21/12) kepada Plt Bupati Brebes Budi Wibowo. Penyerahan didampingi Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI Yohana Yembise.

Penghargaan tersebut diterima atas keberhasilan Kabupaten Brebes dalam pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak, kepedulian terhadap keselamatan dan kesejahteraan laki-laki dan perempuan dalam upaya perwujudan pengarusutamaan gender (PUG).

Selain Brebes, Wakil Presiden Republik Indonesia memberikan penghargaan APE kepada 12 Kementrian/lembaga, 17 Provinsi, dan 84 Kabupaten/kota se Indoensia. APE yang telah berkomitmen dan mengimplementasikan strategi pengarusutamaan gender dan pemenuhan hak anak di berbagai sektor pembangunan.

APE merupakan penghargaan yang diberikan kepada kementrian dan kepala daerah yang berkomitmen dan mengimplementasikan strategi pengarusutamaan gender dan pemenuhan hak anak di berbagai sektor pembangunan. Penilaiannya berdasarkan penerapan strategi pengarusutamaan gender, pencapaiannya, dan inovasi di dalam perwujudan kesetaraan gender, pemberdayaan perempuan, perlindungan anak anak serta upaya untuk memenuhi hak anak.

Alhamdulillah, Kabupaten Brebes tahun ini kembali meraih anugerah parahita ekapraya tingkat madya, seperti tahun yang lalu,” ujar Plt Bupati Brebes Budi Wibowo usai menerima penghargaan tersebut.

Ini semua, lanjut Budi, tentunya berkat kerja keras dari jajaran BKBPP dibawah komando Khambali serta dukungan semua elemen khususnya warga masyarakat Brebes. Oleh karena itu saya menyampaikan terima kasih kepada seluruh Tim dan masyarakat Brebes yang telah berusaha keras, sehingga meraih penghargaan ini kembali.

Sementara Kepala Badan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan (BKBPP) Kabupaten Brebes Drs H Khambali mengatakan, Kabupaten Brebes kembali menerima penghargaan APE tingkat madya berkat kerjasama TIM yang konsisten.

Prestasi yang luar biasa ini, kata Khambali, perlu disyukuri tetapi harus terus ditingkatkan agar mencapai tingkat Utama.

“Kita terus upayakan peningkatannya dengan lebih menyatukan komitmen pada pengarusutamaan gender,” kata Khambali didampingi Kepala Bidang PUG dan Kualitas Hidup Perempuan (KHP) Dra Hj Farikha yang ikut mengantar penerimaan APE.

Khambali menjelaskan, indikator APE antara lain Brebes telah berhasil dalam pelaksanaan pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak. Tercapainya penilaian prasyarat yang meliputi kelembagaan, komitmen, dukungan forum, komitmen pemerintah, pengarusutamaan gender (PUG), pelindungan terhadap kekerasan ibu dan anak. [Red-Hb/Arkana/Yaser]

LEAVE A REPLY