IKAPTK Dilantik, Dinanti Kiprahnya

Plt Bupati Budi Wibowo memberikan Pataka IPATK kepada Drs. Sri Teguh Pambudi, M.Si di Pendopo, Selasa (20/12) Malam. [Foto: Humas Brebes]
>

Brebes, Harianbrebes.com-Ikatan Keluarga Alumni Pendidikan Tinggi Kepamongprajaan (IKAPTK) dinanti kiprahnya untuk pembangunan Kabupaten Brebes dan Indonesia pada umumnya. Apalagi, IKAPTK merupakan lulusan sarjana plus, yang memiliki integritas dan kredibilitas mumpuni sehingga keberadaannya sangat diidam-idamkan.

 

Demikian disampaikan Ketua Dewan Pengurus Provinsi (DPP) IKAPTK Jawa Tengah Budi Wibowo saat sambutan pelantikan dan pengukuhan Dewan Pengurus Kabupaten (DPK) IKAPTK Kabupaten Brebes. Pendopo Bupati Brebes, Selasa (20/12) malam.

 

Budi melihat, kalau alumni PTK sudah ditempa dengan pendidikan yang sangat bagus. Bahkan Mereka memiliki pengetahuan yang sangat banyak meskipun cuma sedikit. Ketika terjun ke masyarakat, tentu tinggal mengembangkannya agar pengetahuannya semakin bertambah luas.

Namun demikian, Budi menyarankan agar tetap menjaga profesionalisme pada bidang tugasnya masing-masing, memiliki iman dan takwa yang kuat, mampu membangun jejaring dan selalu menjaga hablum minallah wa habluminanas.

“Tuntutan ke depan sangat berat, untuk itu alumni sebagai ujung tombak pemerintahan harus benar-benar membaktikan diri dengan sepenuh hati,” tegasnya.

IKAPTK juga diharapkan untuk membantu perwujudan revolusi mental dan stop pungli. Jangan sampai berbuat konyol hanya karena nila setitik maka rusaklah susu sebelanga.

“Pemkab Brebes telah memiliki Satgas Saberpungli, demi kesejahteraan masyarakat,” tandasnya.

Budi juga mengajak kepada IKAPTK memiliki kegiatan kreatif yang bisa meningkatkan kesejahteraan anggotanya. Sebagaimana yang dilakukan DPP IKAPTK Provinsi Jateng telah memiliki Wedding Organizer. Dengan model membangun jejaring, WO bisa terbentuk dan memberikan sumbangsih pada teman-teman alumni yang memiliki hajat pengantin maupun sunatan.

Mendekati Pilkada, lanjutnya, IKAPTK harus tetap netral meskipun memiliki hak politik. Tetaplah berjalan tegak, netral jangan melakukan langkah langkah sembrono yang justru akan merugikan diri sendiri dan pasangan calon.

“Mari kita pelopori pilkada Brebes yang aman, damai, dan sukses,” ajaknya.

Terkait perubahan Stuktur Organisasi Perangkat Daerah (SOPD), menurut Budi IKAPTK tidak diragukan lagi karena tingkat kepatuhannya tinggi.

“Kiprahnya sangat dinanti, sebab kalau tidak diberdayakan ya eman eman,” ungkapnya.

Senada, Sekda Brebes Emastoni Ezam berpesan agar IKAPTK mampu mendarmabaktikan tidak hanya untuk mengejar jabatan saja, atau berbakti pada pejabat saja. Tetapi lakukan sesuai dengan kemampuan dan keikhlasan yang matang.

“Kalian, bagai pemain bola, kadang salah umpan atau juga salah posisi sehingga perlu dibenarkan, jangan terbuai dengan keadaan,” ungkapnya.

Selain itu, lanjut Toni, IKAPTK jangan gebyar godong blarak, silakan kumpul untuk berdiskusi sebagai upaya meningkatkan pelaksanaan tugas kepamongprajaan. Selain itu, perlu juga menjalin kerja dengan organisasi masa lainnya. Sebab, tanpa kerja sama, akan kerdil.

Sekda mengapresiasi dengan kepengurusan IKAPTK yang baru, diharapkan pula mampu memperbaiki kinerja, kerja yang bagus, budaya kerja.

Adapun Kepengurusan DPK IKAPTK Kabupaten Brebes periode 2016-2021 antara lain, Ketua dipegang Drs Sri Teguh Pambudi MSi, Sekretaris Drs Tatag Koes Adianto MSi, dan Bendahara Rosmeidiana Puspitasari SSTP.

Kepengurusan juga dilengkapi dengan bidang organisasi dan kelembagaan, humas, olah raga, seni dan budaya, social dan kesejahteraan anggota. [Red-Hb/Arkana]

LEAVE A REPLY