Banjir Melanda Sebagian Brebes

Genangan air di Jalan Kelurahan Limbangan Kulon, tampak Warga sedang menyebarngi jalan, Sabtu (7/1). [Foto: Fiddin]
o /

Brebes, Harianbrebes.com-Banjir masih melanda Kelurahan Limbangan Kulon dan Limbangan Wetan hampir lutut kaki orang dewasa, Sabtu (7/1).

Menurut warga, banjir melanda Kelurahan Limbangan sejak Jum’at malam 21.35 air memasuki rumah warga, sehingga warga panik.

Haris Warga Limbangan Kulon mengatakan setiap kali hujan deras Kelurahan Limbangan Kulon pasti mengalami banjir. Ia berharap pemerintah Brebes segera mencari solusi penanganan banjir yang tiap tahun, tiap hujan deras terjadi.

“Pemerintah Brebes harus tanggap menangani Banjir di Limbangan ini, jangan dibiarkan terus begini”,keluhnya.

Bukan hanya di Kelurahan Limbangan Kulon, di Kelurahan Limbangan Wetan juga sama terjadi banjir yang memasuki jalanan dan rumah warga.

“Warung saya Kebanjiran Pak, tolong Pak”, tegas Bu Tum yang sehari-harinya berjualan.

Dengan terjadi kebanjiran yang sering di Kelurahannya, dagangannya tidak laku, yang mengakibatkan rugi, dan terancam bangkrut.

Sementara itu, Sutrisno Warga Pebatan mengatakan banjirnya sungai Kali Pemali mengakibatkan rumahnya digenangi air sungai Kali Pemali. Karena rumahnya didekat tepian sungai Kali Pemali. Kondisi sungai Kali Pemali saat ini, arus aliran sungai Kali Pemali sangat deras dan airnya sudah hampir mendekati jembatan Kali Pemali.

“Tiap kali air sungai pemali meluap, kami kebanjiran”, katanya prihatin dengan kondisi yang tiap tahun terjadi.

Banjir juga, mengakibatnnya bawang merah milik warga gagal panen. Subhan (48) menuturkan “Hujan turun sejak jum’at malam sampai sabtu pagi, lah ini sawah saya terendam banjir sampai sekarang, padaha sepekan lagi akan di panen jadi rugi puluhan juta,” Katanya memandangi Bawangnya.

Akibat hujan deras satu malam itu, para petani rugi besar karena gagal panen, kondisi sawah saat ini masih di genangi banjir dan belum surut.

Selain itu, kegiatan belajar mengajar (KBM) di SMP Negeri 1 Wanasari tergangu karena banjir.

“Siswa banyak yang melepaskan sepatunya, motor guru ada yang rusak turun mesin”, Keluhnya Endang Guru SMP Negeri 1 Wnasari.

Pantauan Harianbrebes.com, sampai hari ini, Minggu (8/1) banjir masih belum surut dan belum ada langkah nyata dari pihak terkait.

Banjir sendiri bukan hanya di Kelurahan Limbangan, akan tetapi terjadi  9 Wilayah Desa/Kelurahan secara bersamaan antara lain yaitu Brebes, Limbangan wetan, Gandasuli, Siasem, Kali kamal, Kauman, Tengki, Banjaranyar, Pesantunan dan Pebatan.

Hal ini akibat curah hujan tinggi, drainase yang tidak baik, membuang sampah sembarangan, dan meluapnya air sungai yang ada di Brebes Kota. [Red-Hb/ kiriman Saeni, Sinta Widianingsih, Joko Prasetyo, Fiddin, Silva, Siti, Sandy, Ayu, Abdul munir, Riska, Ririn,  Dwi Yuliana, Dwi Yuliani]

LEAVE A REPLY