SMA Negeri 2 Brebes Adakan Workshop Peningkatan Mutu

Tuwuh Ristanto, saat memberikan materi pada workshop penjaminan mutu di SMA Negeri 2 Brebes, Sabtu (7/1) [Foto: Humas Brebes]
o /

Brebes, Harianbrebes.com-Memasuki semester genap tahun pelajaran 2016/2017, para guru di SMA N 2 Brebes mengadakan workshop tentang sistem penjaminan mutu sekolah dan SKP. Workshop mendatangkan nara sumber Widyaiswara Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi Jawa Tengah Tuwuh Ristanto, di aula sekolah setempat, Sabtu (7/1).

 
Tuwuh mengatakan, peningkatan dan penjaminan mutu pendidikan saat ini telah menjadi agenda yang sangat penting pada seluruh lembaga pendidikan di Indonesia. Hal ini tidak hanya untuk memenuhi harapan undang-undang, namun juga terkait erat pada penjaminan posisi bangsa dalam persaingan dengan bangsa-bangsa lain di masa depan. Salah satu penentunya adalah terjaminnya pendidikan yang lebih bermutu.

Menurutnya, mutu terkait dengan konteks sistem. Mutu terhubung pada dimensi input, proses, output dan outcome. Untuk itu, guru dan seluruh warga sekolah harus mampu memberikan pelayanan maksimal kepada siswa maupun orang tua siswa.

“Sebab, pendidikan pada hakekatnya menyangkut mutu pembelajaran, disinilah peran guru harus maksimal,” tandasnya.

Sekolah, juga harus mampu memfasilitasi siswa memperoleh pengalaman belajar, mengembangkan potensi dirinya secara optimal, mengembangkan potensi dirinya secara alamiah.

Dalam kaitan ini, UNESCO (2002) menyatakan bahwa secara universal mutu pendidikan dapat dilihat dari 5 dimensi yaitu (1) apa yang siswa peroleh (2) lingkungan pendidikan (3) isi (4) proses (5) outcomes. Poros mutu pendidikan bertumpu pada apa yang diperoleh siswa dan hasil belajar seperti apa yang dapat diwujudkan.

“Hasil belajar dapat ditunjukkan dalam bentuk pengetahuan, keterampilan dan sikap,” tuturnya.

Sedangkan tim pengembang mutu pendidikan Depdiknas menyatakan, bahwa mutu pendidikan diukur berdasarkan (1) akses (2) relevansi, (3) efisiensi, (4) keefektifan (5) dampak program, (6) proses atau tindakan (7) daya adaptasi dan daya respon pada tiap perubahan atau inovasi (7) akuntabilitas (9) transparansi (10) kehandalan produk untuk bersaing dalam kehidupan.

Kepala SMA N 2 Brebes Sadimin MEng mengatakan, kegiatan workshop sengaja digelar diawal semester. Sehingga para guru dan warga sekolah bisa kembali segar menerapkan berbagai strategi untuk mencapai indicator yang dijadikan target.

Sebagnyak 69 guru mengikuti kegiatan tersebut dalam suasana yang serius tapi santai. Kegiatan peningkatan mutu mutlak diperlukan, karena memiliki korelasi yang baik dengan hasil pembelajaran maupun kemajuan sekolah. Terbukti, saat Akreditasi sekolah, SMA N 2 Brebes mendapatkan nilai yang sangat fantastis yakini 97.

“Hampir sempurna penilaian akreditasi untuk SMA 2 Brebes dengan nilai 97,” ucap Sadimin dengan bangga. [Red-Hb/Arkana]

LEAVE A REPLY