Ganjar : Pentingnya Pendidikan Karakter Siswa

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat mengajar di depan Siswa-Siswi SMK Negeri 1 Bulakamba, Kamis (5/1) lalu. [Foto: Humas Brebes]
o /

Bulakamba, Harianbrebes.com-Gubernur Jawa Tengah H Ganjar Pranowo, menekankan pentingnya pendidikan karakter di kalangan pelajar. Pasalnya, pelajar merupakan penerus cita cita bangsa. Dengan pendidikan karakrter, bangsa ini menjadi bermartabat dan meneguhkan diri sebagai bangsa timur yang santun.

Hal tersebut disampaikan gubernur saat mengajar di Aula SMK Negeri 1 Bulakamba Brebes, Kamis (5/1) lalu.

Pendidikan karakter, bisa membuat para siswa makin kedisiplinan, memiliki tatakrama, dan berkebudayaan yang menjadi jatidiri bangsa Indonesia. Pendidikan karakter pembelajarannya dapat disisipkan pada setiap mata pelajaran tanpa harus menambah jam pelajaran baru.

“Biarpun kita sedang hidup dan memakai aturan di negara orang, tapi budaya bangsa Indonesia harus selalu tertanam dalam diri kita dan jangan sampai dilupakan,” tegasnya.

Dalam kunjungan ke Brebes, Gubernur mengajar dihadapan para siswa SMK N 1 Bulakamba di 6 jurusan yakni Teknik Kendaraan Ringan, Teknik Kendaraan Motor, Teknik Audio Video, Teknik Instalasi Pemanfaatn Tenaga Listrik, Agronomi Tanaman Pangan dan Hortikultura, serta Nautika Kapal Penangkap Ikan.

Meski sesuai Peraturan Gubernur Nomor 55 tahun 2014 yang menghimbau komunikasi di lingkungan kerja di Provinsi Jawa tengah menggunakan Bahasa Jawa, tetapi karena banyak siswa yang dalam keseharianya menggunakan bahasa ibu berupa Bahasa Jawa Brebesan dan Bahasa sunda, maka saat itu gubernurpun memberikan toleransi dalam mengajar memakai Bahasa Indonesia.

Ganjar tampak komunikatif dan interaktif dalam mengajar, beliau mengawali dengan melakukan tanya jawab. Siswa kelas XII Nautica Kapal Penangkapa Ikan Toraja mengungkapkan kalau dirinya bercita cita ingin menjadi Kapten sebuah Kapal Penangkap Ikan.

Diapun ingin belajar menjadi penangkap ikan yang ramah lingkungan, dengan menggunakan alat tangkap yang tidak merusak karang, sehingga tidak mengambil ikan baik dari semua ukuran anakan maupun induk ikan.

Gubernur menyarankan agar Toraja selepas kontrak kerja bisa melanjutkan pendidikan tinggi lagi. Jangan hanya sebatas SMK, untuk itu Toraja harus membekali diri dengan disiplin belajar di sekolah dan rajin menambah pengetahuan lewat internet.

Namun demikian, Gubernur berpesan agar dalam penggunaan internet selalu berhati hati. Silahkan unduk materi internet yang bernilai positif. Jangan sekali kali mengunduh yang bersifat negative seperti pornografi, kekerasan, kebencian, berita bohong atau hoaks.

Ganjar juga wanti wanti agar pelajar tidak tergiur narkoba. Sebab, barang haram tersebut mengancam kehidupan bangsa Indonesia. Narkoba telah masuk disegala lini kehidupan, bisa masuk melalui lewat makanan yang dikemas sangat menawan.

“Sekolah, perlu preventif dengan menggandeng Kepolisian, BNK, serta instansi dengan tidak jemu mensosialisasikan bahaya narkoba kepada para siswa,” ajak Ganjar.

Acara yang dimulai pukul 12,00 berakhir sampai pukul 13.30, berlangsung semarak dan interaktif diselingi dengan pemberian hadiah bagi para siswa berupa buku bacaan. Diakhir sesi Gubernur meminta kepada para siswa yang mau menyampaiakan pertanyaan dipersilakan. Semua pertanyaan dari siswa dengan beragam bentuk dan isi pertanyaan dijawab dengan gaya santai, bersahabat, dan sesekali diselingi canda tawa.

Acara ditutup dengan pemberian kenang kenangan berupa buku dari Bapak Gubernur kepada SMK Negeri 1 Bulakamba dan demikian sebaliknya dari sekolah memberikan cindera mata hasil karya inovasi siswa berupa alat penghemat BBM “Nebula X Power” dan Lampu Listrik yang bisa dihidupkan dengan tepukan tangan. Sebelum meninggalkan SMK Negeri 1 Bulakamba, Gubernur berkenan berfoto bersama dengan Bapak Ibu guru dan karyawan SMK Negeri 1 Bulakamba di halaman sekolah.

Kegiatan Gubernur Mengajar di SMK Negeri 1 Bulakamba juga disaksikan Plt Bupati Brebes Budi Wibowo, Pejabat SOPD dari Provinsi Jawa tengah dan Kabupaten Brebes, Pejabat Dinas Pendidikan Prov insi Jawa tengah dan Kabupaten Brebes, serta Para kepala SMK di kabupaten Brebes. [Red-HB/Arkana]

LEAVE A REPLY