POPDA dan O2SN Melahirkan Atlit Masa Depan

Bupati Brebes Hj Idza Priyanti menghadiri pembukaan POPDA dan O2SN Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Brebes di Alun-alun, Selasa (28/2) [Humas Brebes]
>

Alun-Alun, Harianbrebes.com-Sekolah merupakan gudangnya atlit masa depan. Karena lewat sekolah bibit unggul atlit akan lahir dengan gemilang. Namun demikian perlu pembinaan atlit secara intensif dengan kegigihan yang menggelora, dan menyala.

 
Kobaran semangat tersebut disampaikan Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE saat sambutan pembukaan Pekan Olahraga Daerah (Popda) dan Olympiade Olahraga Siswa Nasional (02SN) tingkat SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA/SMK, Se-Kabupaten Brebes, di alun-alun Brebes, Selasa (28/2).

Menurut Idza, kualitas siswa tidak hanya diukur dibidang akademik saja, tetapi juga non akademik, seperti seni dan olah raga.

Disadari, memang mencetak atlit tidak semudah membalikan telapak tangan. Namun dengan kerja keras dan dukungan seluruh elemen masyarakat akan berhasil menggalinnya. Atlit masa depan yang masih tersembunyi kita gali agar muncul dipermukaan.

“Pemerintah tidak tinggal diam, karena telah memasukan pembangunan olahraga sebagai prioritas utama,” terang Idza.

Idza berharap akan muncul nama-anam pelajar yang berprestasi utamanya di bidang olahraga yang tersebut di 17 Kecamatan se Kabupaten Brebes.

“Kita tidak akan tahu, kalau dipucuk gunung atau ditepian pantai, akan mencul atlit berprestasi nasional maupun internasional,” harap Idza.

Ketua Panitia Nizamuddin Farid menjelaskan, Popda dan O2SN diikuti 1200 siswa dari berbagai sekolah dan cabang olah raga. Mereka berebut mendali untuk menjadi yang terbaik ditingkat Kabupaten.

Namun tujuan utama dari event tersebut adalah membina generasi muda agar menjadi manusia yang sehat jasmani rohani, serta mampu berkompetisi secara sehat, fair dan sportif. Disamping itu, untuk mengukur kemampuan, mendidik dan merintis siswa dalam bidang olah raga.

“Yang lebih penting menjalin silaturahmi, membina persatuan dan kesatuan bangsa diantara para pelajar,” tegasnya.

Adapun cabang olah raga yang digelas untuk 02SN meliputi cabang atletik, renang, bulutangkis, karate dan pencak silat. Sedangkan untuk Popda mempertandingkan cabang atletik, renang, bulutangkis, karate, pencak silat, senam, tenis meja, bola voli, sepak bola, sepak takraw, tenis lapangan, bola basket dan taekwondo.

Pembukaan ditandai dengan pelepasan balon oleh Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE, didampingi Wakil Bupati Brebes Narjo, Dandim 0713/Brebes Ahmad Hadi Hariono, Kepala Kejaksaan Negeri Brebes Pendi Sijabat. Kepala Pengadilan Agama H Abdul Basyir, Kepala Pengadilan Negeri Brebes Darius Naftali, Ketua Koni Brebes Bambang Edi Prabowo dan Ketua Dekranasda Brebes Kompol Warsidin.

Pertandingan ditempatkan diberbagai tempat di sekitar Brebes antara lain Stadion karangbirahi, GOR Sasana Krida Adhikarsa, Kolam renang tirta husada, dan lapangan tenis 33. [Red-HB/Arkana]

LEAVE A REPLY