Senam Sehat dan Cuci Tangan Ala PPNI

Senam Bersama Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) dalam rangka HUT ke-43 di halaman RSUD Brebes, Jum'at (17/3) lalu. [Foto: Humas Brebes]
o /

Brebes, Harianbrebes.com-Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) mengajak warga Brebes untuk berperilaku hidup sehat dan bersih. Perilaku tersebut antara lain dengan gerakan cuci tangan serta senam sehat.

“Untuk cuci tangan saja, masyarakat kita masih enggan,” kata Ketua PPNI RSUD Brebes Taufiq Ismail di sela kegiatan senam aerobic dan gerakan cuci tangan, di halaman RSUD Brebes, Jumat (17/3) lalu.

Menurutnya, pola hidup sehat masyarakat Brebes masih sangat rendah. Padahal, berbagai lengkah preventif kerap dilakukan oleh tenaga kesehatan. Untuk itu, di usia 43 tahun PPNI mengusung tema gerakan perawat mendukung masyarakat sehat. “Pelayanan kepada masyarakat, selalu kami utamakan,” terangnya.

Selain itu, enam aerobic para perawat juga melakukan edukasi dan penyuluhan tentang kesehatan dan arti pentingnya kebersihan tangan. “Setidaknya, masyarakat bisa cuci tangan dengan sabun, kalau tidak tersedia cairan anti septic,” terang Taufiq.

Kegiatan gerakan cuci tangan ini dilakukan secara serentak pada jam 08.00 se Indonesia. “Ada 300 peserta yang melakukan cuci tangan di RSUD Brebes, jumlah ini selanjutkan dilaporkan ke pusat untuk dimasukan ke MURI,” ungkapnya.

Pada ulang tahun ke-43, lanjut Taufiq, masih ada keprihatinan berupa kesejahteraan anggota PPNI yang belum begitu menggembirakan. Terutama nasib Perawat Honorer yang masih terus diperjuangkan. Sebagai upaya memperjuangkan nasib perawat, beberapa waktu lalu melakuka audiensi dengan Pimpinan Dewan di Jakarta.

“Sebanyak tiga bus perawat Brebes sudah melakukan audiensi ke DPR RI bersama perawat lain se-Indonesia,” terangnya.

Di kabupaten Brebes. Jumlah Perawat mencapai lebih kurang 960 dimana yang menyandang status PNS 600 orang selebihnya perawat Honorer yang tersebar di rumah sakit dan puskesmas serta klinik swasta.

Sementara itu, Asisten II Sekda Brebes Ir Moh Iqbal yang mewakili Bupati Brebes dalam kesempatan tersebut menyampaikan selamat HUT PPNI ke-43. Dia berharap PPNI semakin meningkatkan baktinya kepada seluruh masyarakat, khususnya masyarakat Brebes.

“Kinerja Perawat akan mendapatkan penilaian langsung dari pasien atau masyarakat itu sendiri, maka senyum dan sentuhan keikhlasan harus menjadi dasar yang kuat dalam membantu masyarakat,” ajaknya.

Turut serta dalam aerobic dan cuci tangan Direktur RSUD Brebes dr Oo Suprana, para Wakil Direktur RSUD, dokter dan karyawan karyawati RSUD Brebes. [Red-Hb/Arkana]

LEAVE A REPLY