Kodim 0713 Brebes adakan Pendampingan Panen Bersama Petani Padi Dukuh Kendaga

Dandim 013 Brebes dan Danramil 16 Larangan bersama Petani Padi Kendaga melakukan panen bersama, sabtu (18/3) lalu. [Foto: Taufik Z.E]
>

Larangan, Harianbrebes.com-Kodim 0713/Brebes dalam rangka peningkatan SERGAP (Serapan Gabah Petani) dan mendukung swasembada pangan nasional mengadakan pendampingan panen padi tersebar diwilayah koramil jajarannya se-kabupaten Brebes.

Di wilayah Kecamatan Larangan melalui koramil 16/Larangan ,0713/Brebes adakan giat panen padi bersama petani padi jenis IR 64 disawah milik bpk. H. Sakyadi Dk. Kendaga Rt: 05/12 sawah dengan luas 2 hektar dengan hasil 5-6 ton GKP (Gabah Kering Panen).

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut Danranmil 16/ Larangan mewakili Dandim 0713/ Brebes  beserta sejumlah Babinsa, Koordinator Program Kec. Larangan bapak Sarno, S,PKP serta Kelompok Tani Dk. Kendaga berserta warga masyarakat, Sabtu (18/03) lalu.

Menurut Dandim 0713/Brebes Letkol. Inf. Ahmad Hadi Hariono melalui Danranmil 16/ Larangan Kapten Inf. Muhtadi mengatakan untuk mendukung program swasembada pangan dan pencapaian target ketahanan pangan para Babinsa Kodim 0713/Brebes beserta PPL selalu melakukan pendampingan dari tahap pengolahan lahan, realisasi tanam, pemupukan, dan pengendalian OPT serta sampai tahap pendampingan panen dan pasca panen/ penjemuran GKP. Dengan harapan para petani menanam padi secara serentak sesuai anjuran pemerintah, sehingga mendapatkan hasil panen dengan produktifitas yang tinggi yang akan membawa keuntungan bagi para petani.

“Kodim membantu petani, selain agar dekat petani, juga agar hasil panen padi maksimal”, paparnya.

Sementara itu, H. Sakyadi mengucapkan banyak terima kasih kepada Dandim 0713/Brebes beserta seluruh anggota TNI Koramil Kec. Larangan yang telah membantu kegiatan panen ini , semoga kegiatan  pendampingan dan penyuluhan selama ini dapat bermanfaat oleh para petani.

Selain itu, Kiswanto selaku ketua Kelompok Usaha Tani Padi (KUTP) Dk. Kendaga mengharapkan agar program dari TNI ini bisa membantu menyalurkan aspirasi para petani. Kiswanto juga berharap kelompok tani yang dikelolanya bisa mendapatkan bantuan Alat Mesin Pertanian (alsintan) agar dapat meringankan beban cost (biaya) petani baik dari awal tanam sampai dengan panen. Sehingga penghasilan meningkat dengan adanya alsintan berupa traktor dan mesin tanam.

“Mudah-mudahan ada bantuan alat untuk petani,”pintanya.

Danranmil 16/Kec. Larangan Kapten Inf. Muhtadi selalu memberikan motivasi kepada para Babinsa untuk mendukung program swasembada pangan yang dicanangkan oleh pemerintah di wilayahnya masing-masing sehingga apa yang diharapkan oleh para petani dan pemerintah dapat tercapai dengan baik. [Red-Hb/Arkana/ kiriman M.Taufik Z.E]

LEAVE A REPLY