Angkat Citra Madrasah dengan Aksioma

Korwil Bangbayang meraih juara umum aksioma yang diadakan di MTs N Model Brebes, sabtu (27/3) lalu. [Humas Brebes]
>

Brebes, Harianbrebes.com-Madrasah yang diidentik dengan aktivitas keagamaan, bisa ditepis dengan menonjolkan kegiatan olah raga dan seni. Sehingga prestasi di kedua bidang tersebut, akan mengangkat citra madrasah di mata masyarakat dan sekolah pada umumnya.

“Capailah prestasi yang terbaik tidak hanya dibidang agama, tetapi juga bidang olah raga dan seni,” tutur Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Brebes H Moh Aqso saat membuka ajang kompetesi seni dan olahraga (Aksioma) tingkat MTs se Kabupaten Brebes di MTs Negeri Model Brebes, Sabtu (27/3) lalu.

Menurut Aqso, mutu dan daya saing pendidikan madrasah perlu dioptimalkan dengan ditopang dari prestasi peserta didik maupun madrasah yang bersangkutan. Siswa harus diberi ruang gerak kreativitas dan aktivitas positif sehingga bisa berprestasi sesuai dengan bakat dan minatnya.

“Santri juga bisa berolahraga dan berkesenian dengan matang,” tuturnya.

Madrasah, lanjutnya, harus menjadi pusat pengembangan rohani, jasmani, skill dan intelektualitas. Tentu saja, kualitas siswa MTs akan lebih meningkat bila pengembangan empat pilar tersebut bisa diujudkan di masing-masing madrasah.

“Mari bergerak, jangan bertopang dagu untuk mewujudkannya,” ajak Aqso.

 

Korwil Bangbayang Jawara Aksioma

Ketua Panitia Penyelenggara Maspau MPd menjelaskan, Kordinator wilayah (korwil) Kelompok Kerja Madrasah (KKM) MTs Bangbayang berhasil menjadi juara umum dalam Aksioma 2017. Bangbayang berhasil mendulang 6 emas, 4 perak dan 4 perunggu dari 51 medali yang diperebutkan.

Maspau merinci, KKM Bangbayang mendapatkan 6 emas dari cabang pidato bahasa Arab putra (pa), Kaligarafi (pa), MTQ (pa), Tenis meja (pa), dan Bola volley (pa,pi). Untuk 4 perak dari cabang Kaligrafi putri (pi), MTQ (pi), Hadroh (pi), dan bulutangkis (pi). Kemudian untuk 4 perunggu didapat dari cabang Pidato bahasa Arab (pi), Tahfidz (pa, pi), dan hadroh (pa)

Sementara untuk juara 2 Korwil Ketanggungan dengan 4 emas, 3 perak dan 4 perunggu. Sedang juara 3 korwil Brebes dengan 3 emas, 4 perak dan 2 perunggu.

Aksioma yang mengusung tema sehat, unggul dan berdaya saing global tersebut mempertandingkan cabang olahraga Bulu Tangkis, Bola Volley, Tenis Meja dan Futsal. Cabang seni meliputi MTQ, Pidato Bahasa Arab, Kaligrafi, Tahfidz dan Hadroh. Mereka berlaga secara tersebar di MTs N Brebes, Gedung Batminton 33 dan Futsal Adaba Pasarbatang.

Para juara pertama, lanjutnya, akan dikirim pada lomba yang sama di tingkat provinsi Jawa Tengah pada bulan Juli, dan tingkat Nasional pada Agustus di Jogjakarta. [Red-Hb/Arkana]

LEAVE A REPLY