SMAN 2 Brebes Juara LCC 4 Pilar

Tim LCC SMAN 2 Brebes juara LCC 4 (empat) pilar tingkat SMA Se-Kabupaten Brebes. [Humas Brebes]
o /

Bumiayu, Harianbrebes.com-SMA Negeri 2 Brebes kembali menorehkan prestasi. Kali ini dari lomba Lomba Cerdas Cermat (LCC) Empat Pilar Jenjang SMA Tingkat Kabupaten Brebes. Lomba yang digelar Dinas Pendidikan dan Pemuda dan olahraga (Dikpora) Kabupaten Brebes bekerjasama dengan Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI). Sementara juara 2 diraih SMA 1 Brebes dan juara 3 SMA N 1 Bumiayu. Mereka bersaing sangat ketat pada lomba yang digelar di SMA N 1 Bulakamba, Sabtu (29/4)

“Alhamdulillah, anak-anak kami bisa merebut juara 1 atas jerih payah Mereka, bimbingan guru dan doa semua pihak,” kata Kepala SMA 2 Brebes Dr Sadimin, di ruang kerjanya, Sabtu (29/4) lalu.

Lewat lomba ini, kata Dimin, para siswa bisa terbangun semangat nasionalisme dalam diri generasi bangsa sejak dini, menumbuhkembangkan budaya perbedaan pendapat secara konstruktif dalam memahami implementasi ketatanegaraan dan kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Memasyarakatkan Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, Bhineka Tunggal Ika, dan Ketetapan MPR serta Membangun dan membina persahabatan antargenerasi muda, dapat memperkukuh persatuan bangsa”, tambahnya.

Sadimin yakin, lewat LCC generasi muda dapat kembali disegarkan pikiran dan wawasannya untuk terus menumbuhkembangkan kecintaannya terhadap Negara ini, serta sedikit demi sedikit mulai mengikis budaya-budaya asing yang perkembanggannya tidak dapat ditolak lagi keberadaannya di era globalisasi.

Pembina Tim SMA 2 Nunung Nurhayati menjelaskan, dalam lomba tersebut peserta harus bisa menerapkan 4 pilar dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Empat pilar yang dimaksud yakni Pancasila, UUD Negara RI 1945, Bhineka Tunggal Ika dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Anak-anak sekarang, harus kembali dimantapkan jiwa nasionalismenya sebagai modal membangun bangsa,” kata Nunung yang juga guru PKn SMA 2.

Kemenangan Tim SMA 2 berkat usaha keras para siswa dalam berlatih dan belajar secara rutin.  Tim SMA 2 terdiri dari 10 siswa. Kini mereka tengah mempersiapkan diri ke lomba yang sama ditingkat eks Karesidenan Pekalongan.

“Kami optimis bisa menjadi yang terbaik. Target kami bisa menjadi juara Nasional,” tekadnya.

Nunung menambahkan, adapun materi yang dilombakan meliputi Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, Bhineka Tunggal Ika, Ketetapan MPR RI, Undang-Undang yang merupakan penjabaran lebih lanjut dari Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dan Wawasan tentang Budaya Nasional. [Red-Hb/Arkana]

LEAVE A REPLY