Orang Puasa Dirindukan Surga

Bupati dan Wakil Bupati Brebes saat teraweh keliling di Kersana baru-baru ini. [Humas Brebes]
o /

Kersana, Harianbrebes.com-Ada empat golongan manusia yang dirindukan surga karena kegiatannya dalam kehidupan di dunia. Antara lain, dengan berpuasa Ramadhan, menjadikan seseorang dirindukan surga. Dari bekal puasa itu, telah menuntun manusia menjadi jujur, sabar, takwa, berjalan dijalur kebaikan. Dan jalur kebaikan itulah yang menuju ke Surga.

Demikian disampaikan KH Syamsul Falah dari Ketanggungan saat mengisi ceramah Taraweh dan silaturahim Bupati Brebes beserta Forkopimda dan masyarakat di Masjid At Takwa Desa Limbangan Kecamatan Kersana, Brebes, kemarin.

Mereka yang berpuasa di bulan Ramadhan, kata Kiai Syamsul, tidak hanya dihadiahi berkah, rahmat dan ampunan dari Allah saja. Namun Allah juga menjanjikan kepada orang yang berpuasa, terbebas dari panas api neraka.

Mereka yang berpuasa, dan menghidupkan malamnya dengan shalat, qiro’at dan kholwat serta ibadah apapun dengan hanya mengharap ridho-Nya. Dalam sebuah hadits, Nabi Muhammad SAW bersabda “Barangsiapa yang berpuasa di bulan Ramadhan, karena iman dan ikhlas, maka akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.” (HR. Bukhari Muslim)

Kedua, lanjut Kiai Syamsul, golongan yang dirindukan oleh surga ialah mereka yang senantiasa membaca Al-Qur’an. Al-Qur’an merupakan wahyu yang diturunkan oleh Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW sebagai pedoman bagi umat manusia. Bahkan begitu besarnya pahala orang yang membaca Al-Qur’an, sehingga setiap huruf yang dibaca Allah akan membalasnya dengan 10 kebaikan.

Ketiga, mereka yang selalu menjaga lidahnya. Lidah memang merupakan bagian tubuh yang tidak bertulang akan tetapi ia lebih tajan dari sebilah pedang. Bahkan ada dampak sangat luar biasa yang bisa ditimbulkan oleh lidah, seperti bisa menyebabkan pertengkaran antar suami istri, antar kelompok bahkan antar bangsa.

“Orang yang mampu menjaga lidahnya, tidak akan menyakiti orang lain dengan bahasa yang digunakan, akan dirindukan Surga,” tuturnya.

Dan keempat, golongan yang dirindukan surga adalah pemberi makan orang yang kelaparan. Allah SWT adalah Dzat Maha Pengasih dan Penyayang yang memberikan balasan atas sekecil apapun amalan kebaikan yang dilakukan oleh umat-Nya.

Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE dalam kesempatan tersebut memberikan bantuan paket alat sholat dan Al Quran kepada pengurus masjid serta mentasyarufkan zakat dari Baznas Kabupaten Brebes. Kepada 10 orang perwakilan warga kurang mampu juga diberikan santunan.

Tampak hadir para kepala OPD Kabupaten Brebes, anggota DPRD dan ribuan warga masyarakat Kersana. Sebelum acara, penyambutan Bupati dan para petinggi Brebes diadakan secara meriah berupa obrok, terbang genjring, marawis anak-anak muda NU dan ibu-ibu yang berkrudung putih dengan logo NU. [Red-Hb/Arkana]

LEAVE A REPLY