Hari Bhayangkara, Bupati Serahkan Piala Lomba Pos Kamling

Bupati Brebes Hj Idza Priyanti menjadi Pembina upacara HUT Bayangkara ke-71 di Alun-alun Brebes. [Humas Brebes]
o /

Brebes, Harianbrebes.com-Usai memimpin upacara Hari Bhayangkara ke 71 Tahun 2017 di Alun-alun Kota Brebes, Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE menyerahkan hadiah lomba Pos Keamanan Lingkungan (Pos Kamling), Senin (10/7) lalu. Lomba Pos Kamling digelar untuk menggiatkan kembali Sistem Keamanan Lingkungan (Siskamling). Karena Siskaling masih menjadi kebutuhan keamanan masyarakat setempat, juga wadah silaturahmi bagi warga lingkungan setempat.

“Siskamling, masih relevan di era sekarang meskipun zaman sudah canggih. Karena kepedulian masyarakat terhadap lingkungan masih sangat diperlukan,” ujar Idza usai menyerahkan hadiah para pemenang lomba siskamling.

Bupati menekankan agar masyarakat kembali menggiatkan siskamling sesuai dengan kebutuhan masing-masing.  Kewaspadaan terhadap orang asing perlu ditingkatkan, dengan melaporkan berbagai kegiatan yang mencurigakan.

Adapun pemenang lomba siskaling, juara 1 Pos Kamling Desa Kalialang Kecamatan Jatibarang dengan nilai 570. Juara 2 Pos Kamling Desa Purbayasa Kecamatan Tonjong (540) dan juara 3 Pos Kamling desa Siasem Kecamatan Wanasari (510).  Mereka selain mendapat piagam, piala juga sejumlah uang pembinaan.

Upacara yang diikuati unsur Polri, Banser-Ansor, Pramuka, Patroli Keamanan Sekolah, TNI dan organisasi kemasyarakatan lainnya berlangsung dalam suasana khidmat. Bupati dalam kesempatan tersebut membacakan amanat Presiden RI Joko Widodo. Presiden antara lain memberikan apresiasi kepada Polri atas kerja kerasnya dengan hasil yang nyata baik yang dipusat dan pelosok tanah air. Diantaranya Polri dapat menjaga kamtibmas sangat kondusif, lalu lintas mudik lebaran lancar, jumlah kecelakaan lalu lintas turun gratis dan harga kebutuhan pangan terjaga stabil.

“Diusia ke 71,i Polri telah mewujudkan dedikasi, loyalitas, dan integritas yang tinggi dalam mendukung pemerataan pembangunan nasional dan ekonomi yang berkeadilan,” ujar Presiden.

Lebih lanjut Presiden menyampaikan dengan hasil nyata kerja Polri, banyak lembaga survey yang kredibel menyatakan bahwa terdapat peningkatan kepercayaan terhadap Polri, semakin kuat dan dicintai masyarakat. Keberhasilan Polri ini juga tidak terlepas dari dukungan dari seluruh elemen masyarakat. Dalam akhir sambutannya Presiden RI berpesan kepada Polri untuk tetap menjadi abdi utama nusa dan bangsa.

“Terus tegaklah menjadi Rastra Sewakottama, Abdi Utama Bagi Nusa dan Bangsa,” pungkas Presiden.

Tampal hadir Ketua DPRD Brebes Illia Amin, Dandim 0713/Brebes Ahmad Hadi Hariono, Kepala Kejaksaan Negeri Brebes Pendi Sijabat, Ketua Pengadilan Agama Brebes Abdul Basyir, para Kepala OPD, para pengusaha, dan undangan lainnya.

Upacara hari Bhayangkara dimeriahkan dengan penampilan polisi cilik (polcil) dari SD N Pende 04, Banjarharjo Brebes yang menyajikan gerak dan lagu serta baris berbaris yang memukau hadirin. Karena tampilan yang memukau, Bupati, Forkopimda, Perwira dan lain lain yang hadir turut memberikan sawer. [Red-Hb/Arkana]

LEAVE A REPLY