Sediakan Arena Permainan Anak, Puskesmas Brebes Jadi PRA

Bupati Brebes Hj Idza Priyanti dan jajarannya saat menerima Penghargaan Kabupaten layak anak baru-baru ini. [Foto: Humas Brebes]
o /

Brebes, Harianbrebes.com-Puskesmas Brebes dinobatkan sebagai Puskesmas Ramah Anak setelah menyediakan Ruang Tunggu Anak dan arena permainan anak-anak. Arena permainan anak disediakan agar anak-anak yang berkunjung ke Puskesmas tidak gaduh dan menikmati dunianya bersama teman-teman sebayanya. Tidak merasa akan di periksa kesehatannya, tetapi seakan diajak bermain di tempat yang lebih asyik bagi mereka.

Demikian disampaikan Kepala Puskesmas Brebes dr Posma Rohani MS saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (4/8) lalu.

Ibu Posma juga menyediakan tempat khusus menyusui bagi ibu-ibu yang masih menyusui anaknya. Inovasi lain, ada klinik pemulihan gizi dan bayi lahir di Puskesmas Brebes langsung dapat akta kelahiran dan Kartu Keluarga (KK). Ruang taman anak juga diberi pembatas yang warna warni sehingga mengesankan dunia anak-anak yang riang gembira.

“Anak-anak kan banyak yang rewel sehingga perlu dicari jalan terbaik bagi mereka,” terang Posma.

Poli Kesehatan Ibu dan Anak (KIA), lanjutnya, menjadi salah satu prioritas pelayanan. Setiap hari Selasa dan Kamis khusus menangani ibu-ibu hamil sedangkan untuk anak-anak setiap hari. Setidaknya, ada 40 ibu hamil memeriksakan diri setiap hari selasa dan kamis, sedangkan anak-anak yang diperiksa mencapai 40 perhari.

Puskesmas Brebes merupakan Puskesmas rawat Jalan dan Puskesmas Mampu Persalinan, yang   pengelolaannya di bawah Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Brebes yang membawai 9 Puskesmas lainnya dari 38 Puskesmas yang ada di Brebes.

Dengan sentuhan 70 karyawan yang terdiri dari 3 dokter umum, 1 dokter gigi, 11 perawat, 32 bidan dan tenaga medis lainnya, bahu membahu memberikan pelayanan terbaik untuk anak-anak. Pelayanan utama diberikan kepada masyarakat Brebes, baik masyarakat yang ada di wilayah binaan Puskesmas Brebes maupun masyarakat yang ada di luar wilayah binaan Puskesmas Brebes.

Penghargaan Puskesmas Ramah Anak berbarengan dengan penganugrahan Kabupaten Layak Anak (KLA) untuk Kabupaten Brebes pada puncak peringatan Hari Anak Nasional yang diselenggarakan di Pekanbaru Riau.

Penganugrahan diserahkan langsung oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Republik Indonesia (RI) Prof. Yohana Susana Yembise kepada Bupati Brebes Idza Priyanti, SE di Ballroom Hotel Swiss-Bel Pekanbaru, Riau, Sabtu (22/7) lalu.

Bupati Brebes Idza Priyanti, SE mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah bekerja keras sehingga Kabupaten Brebes dapat menerima Puskesmas Ramah Anak 2017.

Bupati juga berharap semua Dinas terkait jangan mudah berpuas diri, tetapi harus terus berupaya meningkatkan prestasinya melalui kerja keras dan nyata.

“Semoga tahun depan, lebih banyak lagi Puskesmas yang Ramah Anak,” pungkasnya penuh harap. [Red-Hb/Arkana]

LEAVE A REPLY