Pengin Punya Pelabuhan, Idza Belajar ke Batang

Bupati Brebes bersama staf ahli ketika tinjau Pelabuhan Batang Jawa Tengah [Foto: Humas Brebes]
o /

Batang,Harianbrebes.com-Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE MH mempunyai keinginan Kabupaten Brebes memiliki Pelabuhan. Dengan terwujudnya pelabuhan, bisa meningkatkan percepatan transportasi laut dan mendongkrak ekonomi masyarakat sehingga tingkat kesejahteraannya bisa meningkat pula.

Demikian disampaikan Idza Priyanti SE MH saat melakukan kunjungan kerja di pelabuhan Batang, Selasa (6/2) kemaren.

Menurut Idza, dalam sejarah  Brebes pernah memiliki pelabuhan Kajongan yang terletak di Randusanga Wetan Brebes. Pelabuhan tersebut menjadi pelabuhan andalan bagi masyarakat pantura kala itu.

“Kejayaan Kajongan sebagai pelabuhan andalan pantura, pengin kembali kami bangun,” ungkap Idza.

Tidak keliru kalau kemudian pembangunan pelabuhan di Brebes perlu diwujudkan dengan belajar ke Batang. Saat ini, kata Idza, Brebes telah memiliki Pelabuhan Kluwut, tapi masih berkelas C karena hanya sebagai pelabuhan pengumpan lokal. Pesisir pantai Brebes sangat luas dan strategis untuk pengembangan pelabuhan niaga maupun pelabuhan wisata.

Menurutnya, daerah pantai Brebes sangat panjang lebih kurang dari 34 kilometer yang membentang di lima kecamatan. Potensi ini sangat bagus, untuk pengembangan pelabuhan wisata dan niaga.

Sementara itu, Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Kelas 3 Batang Capt Hendrik Kurnia Adi menyambut baik upaya Pemkab Brebes yang menimba ilmu ke Pelabuhan Batang.  Dia menceritakan, kalau Pelabuhan Batang dibangun dalam waktu yang cukup lama sekitar 13 tahun.

“Sejak 2005 pelabuhan ini dibangun dengan 9 kali tahapan, penganggaran dilakukan secara patungan antara Pemkab Batang dan Pemerintah Pusat. “Pelabuhan ini menelan dana Rp 200 miliar, digotong dari APBD dan APBN, Batang, menjadi pelabuhan pengumpan regional berfungsi sebagai pelabuhan umum niaga,” kata Hendrik.

Direncanakan, lanjutnya, pelabuhan yang terletak di pantai desa Klidang Lor, kec Batang bakal diresmikan pada saat hari jadi Kabupaten Batang, 8 April mendatang.

Ditempat yang sama, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Batang Murdiyono menambahkan, banyak manfaat yang bisa dinikmati warga sekitar setelah terbangunnya pelabuhan. Setidaknya mampu menyerap tenaga kerja, pergerakan ekonomi juga tumbuh pesat. Dia menceritakan, dalam sebulan ada 40-50 kapal yang bersandar di pelabuhan meskipun belum diresmikan.

Dilain pihak, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Brebes Syatibi bertekad akan mewujudkan Pelabuhan Brebes sebagaimana yang dikehendaki Bupati dan masyarakat Brebes.  Pelabuhan Kluwut sebagai pelabuhan pengumpan lokal, saat ini akan terus ditambahi fasilitas lain. Tim dari Dishub, investor dan kementerian perhubungan juga akan mengadakan survey terkait pembangunan pelabuhan di Brebes.

“Ada dua lokasi yang bakal disurvey dijadikan bahan kajian yakni di Kecamatan  Brebes dan Bulakamba yang tentunya dengan melihat penganggaran dari pemerintah pusat dan daerah,” pungkasnya.[Red-HB/Arkana]

LEAVE A REPLY