Klampok Jadi Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan

Wakil Bupati Brebes Narjo, SH sedang menghadiri Launching Desa Sadar BPJS
o /

Harianbrebes.com–Desa Klampok, Kecamatan Wanasari Kabupaten Brebes ditetapkan  sebagai Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Tahun 2018. Wakil Bupati Brebes Narjo SH MH melaunching desa sadar jaminan sosial ketenagakerjaan di Aula Kecamatan Wanasari ditandai dengan penyerahan secara simbolis Kartu BPJS Ketenagakerjaan dan pengguntingan pita yang melintang di pintu pagar desa Klampok, Rabu (14/11) sore.

Asisten Deputi Direktur BPJS Ketenagakerjaan Kantor Wilayah Jawa Tengah Helmi menjelaskan,  program Desa Sadar Jaminan Sosial merupakan inovasi dari BPJS Ketenagakerjaan untuk bekerja sama dengan aparat desa dalam memberikan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat pekerja di desa.

“Masyarakat desa diharapkan mampu memahami manfaat dari program BPJS Ketenagakerjaan diantaranya manfaat Jaminan Kecelakaan Kerja, Jaminan Kematian, Jaminan Hari Tua dan Jaminan Pensiun,” ujar Helmi.

Selain itu, lanjut Helmi, bertujuan agar masyarakat desa mengenal lebih dekat program-program BPJS Ketenagakerjaan. Sehingga timbul kesadaran akan pentingnya perlindungan jaminan sosial dan juga agar muncul kesadaran para perangkat desa untuk mensejahterakan masyarakatnya. Diantaranya, para pelaku ekonomi antara lain dalam bidang Yayasan/BUMDes, Karang Taruna dan BPD yang ada didesa tersebut serta tenaga ahli atau pendamping desa.

Helmi juga mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Pemkab Brebes terhadap kesejahteraan masyarakatnya dengan mengimplementasikan Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan.

“Kontribusi ini bukan saja untuk menjalankan kewajiban sebagai penyelenggara negara, melainkan bentuk hadirnya negara untuk merealisasikan hak hidup aman, nyaman, dan sejahtera,” tandasnya.

Kepala Cabang BPJS Ketenagakerjaan Tegal Cep Nandi Yunandar, menjelaskan, Desa Klampok terpilih karena telah memenuhi beberapa persyaratan yang telah ditetapkan oleh BPJS Ketenagakerjaan. Diantaranya telah terdaftarnya Kepala Desa dan Perangkatnya serta Para Ketua RT dan RW didesa klampok.

“Ada 83 RT dan 8 RW yang telah terlindungi pada program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan,” ujar Cep Nandi.

Wakil Bupati Brebes mendukung penuh program BPJS Ketenagakerjaan untuk jaminan ketenagakerjaan bagi masyarakat Desa Klampok. Sebab perlindungan Jaminan Sosial yang diselenggarakan oleh BPJS Ketenagakerjaan merupakan program pemerintah yang sangat penting dan bermanfaat bagi seluruh masyarakat. Banyak manfaat yang bisa diambil diantaranya, memberikan perlindungan dari resiko sosial dan ekonomi serta dapat meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakat, khususnya masyarakat pekerja dan keluarganya.

“Karena BPJS Ketenagakerjaan ini besar manfaatnya, maka saya menghimbau dan mendorong desa lain untuk mencontoh Desa Klampok agar dapat segera bergabung di BPJS Ketenagakerjaan dengan menjadi peserta,” ajak Wabup.

Secara simbolis Kartu Peserta BPJS Ketenagakerjaan diserahkan Wakil Bupati Brebes  kepada Sutrisno dan Tasriyah. Setelah itu Wakil Bupati dan rombongan berbegas menuju gerbang jalan masuk Desa Klampok, tepatnya disebelah barat Puskesmas Wanasari Brebes, untuk menandai launching dengan pengguntingan pita tanda diresmikannya Desa Klampok Kecamatan Wanasari sebagai  Desa Sadar Jaminan Ketenagakerjaan.

Kepala Kantor Cabang Perintis BPJS Ketenagakerjaan Brebes Agus Pandu Indra Putra mengungkapkan, selain Desa Klampok, ada satu lagi desa yang telah di launching yakni Desa Kluwut Kecamatan Bulakamba. “Tiap tahun, kami menargetkan 1 desa yang sadar akan jaminan ketenagakerjaan. Apalagi Brebes telah memasuki era industrialisasi,” imbuhnya.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Kepala Dinas Perindustrian Dan Ketenagakerjaan Zaenudin,  Camat Wanasari Nuridin, tokoh masyarakat dan calon peserta.  [HB-OTZ/AS/WSD].

LEAVE A REPLY