Kafilah Bulakamba Sabet Juara Umum Seleksi Tilawatil Qur’an

/

Brebes, Harianbrebes.com –Kafilah Kecamatan Bulakamba berhasil menyabet juara umum dalam Seleksi Tilawatil Quran (STQ) tingkat Kabupaten Brebes 2018. Keberhasilan Bulakamba setelah meraih 2 emas, 3 perak dan 1 perunggu dari delapan cabang yang dilombakan.

Tempat kedua diraih kafilah Songgom dengan 2 emas, 2 perak dan 2 perunggu. Kemudian Paguyangan di tempat ketiga dengan 2 emas, 1 perak dan 1 perunggu. “Bulakamba unggul dalam cabang tahfidz 5 juz dan tilawah putra, 30 juz putra, 30 juz putri, tilawah dewasa putra, tahfidz 1 juz dan tilawah putri, dan tahfidz 1 juz dan tilawah putra,” tutur Koordinator Dewan Hakim HM Aqsho MAg usai menyampaikan pengumuman kejuaraan di Pendopo Brebes Sabtu sore (24/11).

Sebelumnya, Ajang pencarian bibit-bibit potensi seni baca dan menghafal Al Quran, yakni STQ resmi dibuka Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE MH. Pengukuhan dewan hakim dilakukan Kepala Kementerian Agama Brebes Mahrus. Sorenya, bupati menutup STQ dan melakukan penyerahan hadiah kepada para juara lomba.

Piala dan piagam serta uang pembinaan diserahkan Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE MH. Dalam sambutannya, dia berharap kepada para juara agar prestasi yang telah diraih dapat ditingkatkan pada ajang dan skala yang lebih tinggi nantinya.

“Jadilah khafilah yang membanggakan dan mengharumkan nama keluarga dan masyarakat Kabupaten Brebes, mari kita tunjukkan bahwa kita memiliki generasi islami yang berprestasi,” harap Idza.

“Kepada para peserta yang belum berhasil, janganlah berkecil hati, terus tingkatkan kualitas diri untuk dapat mengukir prestasi di waktu yang lain,” tambah Idza.

Lebih lanjut, idza mengatakan STQ merupakan wujud rasa kecintaan kita terhadap Al Quran, sekaligus upaya untuk terus menjadikan Al Quran sebagai pedoman dalam menjalani kehidupan.

“Kecintaan tersebut bukan hanya muncul dalam bentuk prestasi saja, namun juga peningkatan, pemahaman, penghayatan dan pengalaman nilai-nilai Al Quran dalam kehidupan sehari-hari,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Penyelenggara STQ H Athoillah melaporkan, jumlah anggota kafilah yang terdaftar seluruhnya 266 orang terdiri dari 181 orang peserta dan 85 orang terdiri dari ketua kafilah, pelatih dan pendamping dari 17 kecamatan.

Seleksi dilakukan dibeberapa tempat, antara lain cabang Tilawah Anak-anak di Aula Utama Islamic Center, Tilawah Dewasa di Pendopo Brebes, Cabang Tahfidz 1 Juz dan Tilawah,  Tahfidz 5 Juz dan Tilawah, Tahfidz 10 Juz, serta Tahfidz 20 Juz di Sekolah Tinggi Agama Islam Brebes, Cabang Tahfidz 30 Juz di Masjid Al Mukarromah Islamic Center, dan Cabang Tafsir Bahasa Arab dan Hafalan 30 Juz di Aula II Islamic Center.

Penyelenggaraan STQ Tingkat Kabupaten Brebes, kata dia, merupakan suatu ikhtiar untuk dapat meningkatkan kualitas seni baca dan penghafal Al Quran serta mampu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

“STQ akan melahirkan hafidz dan qariah yang lebih bermutu. Juga sebagai sarana efektif dalam mewujudkan pengamalan Al Quran dalam kehidupan sehari-hari,” ujarnya.

“Kepada para juara, akan dikirim ketingkat provinsi, yang sebelumnya akan dilakukan pembekalan secara terus menerus,” imbuhnya. (HB -BY, WSD)  

LEAVE A REPLY