Kominda dan Kesbangpol Brebes Gelar Rakor Cegah Konflik Sosial Pemilu 2019

Kepala Kesbangpol Komar SE memimpin Rakor dalam rangka evaluasi, konsolidasi penanganan dan potensi konflik sosial jelang Pemilu 2019.
o /

Brebes, Harianbrebes.com – Komunitas Intelijen Daerah (Kominda) menggelar Rakor yang dimotori Kantor Kesbangpol Kab Brebes bertempat di Jalan Jend Soedirman No. 143 Brebes, Senin (10/12).

Rakor digelar dalam rangka evaluasi, konsolidasi penanganan dan potensi konflik sosial jelang Pemilu 2019 serta isu strategis lainnya dan penegasan Permendagri No.2 Th. 2018 tentang Kewaspadaan Dini di Daerah.

Hadir dalam acara tersebut antara lain Kepala Kesbangpol Komar SE, Pasintel Kodim 0713/Brebes Kapten Inf Tuteng, Pasintel Lanal Tegal Kapten Laut (T) Judiwani, BINDA Jateng Wil Kab Brebes Mayor Lek Hadi, Ketua FKDM Kab Brebes Drs Slamet Nasroni MM, Ketua Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) KH Masruki dan tamu undangan lainnya.

Rapat Koordinasi diadakan dengan agenda mendengarkan masukan tentang validasi organisasi Kominda yang telah dibubarkan dengan adanya Permendagri No 02 Tahun 2018, diganti dengan Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM).

FKDM memiliki tujuan pendeteksian dini perubahan cuaca dan pendeteksian dini iklim sosial yang terjadi di masyarakat. Rapat juga membahas antisipasi terhadap Perayaan Natal dan Tahun Baru serta musim Pemilu 2019.

Lewat sambutannya Ketua FKUB menyatakan pentingnya masukan dari pihak terkait kepada pemuka agama terkait kegiatan keagamaan yang ada sehingga tidak mengganggu kondusifitas wilayah.

“Kami mewakili FKUB yang terdiri dari berbagai unsur pemuka agama, berharap Kesbangpol terus memantau kegiatan kemasyakatan yang berlangsung di Kabupaten Brebes,” Kata Masruki.

Berbagai isu politik dan sosial diangkat dalam forum melalui temuan Kominda. Kepala Kesbangpol berharap dengan temuan tersebut kondusifitas Kabupaten Brebes tetap akan terjaga.

“Semoga dalam pelaksanaannya nanti tidak terjadi sesuatu hal-hal yang tidak kita inginkan yang dapat mengganggu kondusifitas wilayah Brebes,” kata Komar.

“Kami juga memohon selama pelaksanaan Pemilu 2019 diharapkan Netralitas dari FKDM,” lanjut Komar.

Selain Pilpres 2019 yang akan diselenggarakan 17 April 2019, Kabupaten Brebes juga akan menyelenggarakan Pemilihan Kades serentak yang direncanakan akan digelar pada 19 Juli 2019. (HB-NL, WSD)

LEAVE A REPLY