Bupati Brebes Harap Ketua RT/RW Lebih Peduli Kebutuhan Warganya

Bupati Brebes Idza Priyanti SE MH saat melakukan pembinaan Ketua RT dan RW se Kecamatan Bantarkawung di Aula Kecamatan setempat. Senin (21/1).
o /

Brebes, Harianbrebes.com – Peran RT/RW di lingkungan masyarakat sangatlah penting. Ketua RT/RW menjadi mitra desa dalam penyelenggaraan urusan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan. Pemerintah memiliki kewajiban untuk mensejahterakan rakyatnya, salah satunya melalui pembangunan.

Untuk itu, perlu ditingkatkan kinerja maksimal dari para Ketua RT/RW sehingga pembangunan di wilayah pedesaan dapat berjalan dengan baik.

Demikian disampaikan Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE MH saat melakukan pembinaan kepada Ketua RT/RW se Kecamatan Bantarkawung di aula kantor kecamatan setempat,Senin (21/1).

“Pembangunan sekarang tidak hanya dilakukan di wilayah perkotaan saja, namun sudah di mulai dari pinggiran, dari desa-desa. Terlebih dengan adanya Dana Desa, Ketua RT/RW dapat bekerja sama dengan kepala desa juga masyarakat dalam membangun desa,” ucap Idza.

Idza berharap, Ketua RT/RW lebih peduli terhadap masyarakatya dengan memahami apa yang dibutuhkan masyarakat.

“Kedudukan saudara sangatlah strategis, karena lebih tahu kondisi masyarakat serta dapat mendengarkan aspirasi masyarakat secara langsung,” tandas Idza.

Idza juga mengingatkan tentang Program Nasional, supaya terus berjalan dan dilakukan di masyarakat. Di antaranya sertifikasi tanah, bantuan kesehatan berupa BPJS Kesehatan, Kartu Indonesia Pintar, serta Rumah Tidak Layak Huni (RTLH).

Dilanjutkannya, pengalokasian dana desa tidak hanya untuk pembangunan infrastruktur.

Namun lebih untuk meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Kabupaten Brebes. Di bidang pendidikan, kesehatan dan ekonomi.

“Saya berpesan kepada seluruh ketua RT/RW di Kabupaten Brebes, supaya alokasi dana desa digunakan untuk pembangunan dan kebutuhan dasar masyarakat sebaik mungkin. Demi mewujudkan kesejahteraan masyarakat,” pungkas Idza.

Sekretaris Camat Bantarkawung Dalmadi melaporkan di Kecamatan Bantarkawung. Ketua RT ada 444 orang dan ketua RW 105 orang.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada bupati, semoga pembinaan ini dapat memantapkan kinerja ketua RT/RW, sekaligus dapat menjalin kerja sama yang baik dengan kepala desa,” katanya.

Peran RT/RW di wilayahnya, kata Dalmadi terjalin kerja sama yang apik, ketua RT/RW di berbagai desa sangat baik dan tanggap. Apa lagi, di musim penghujan perlu kewaspadaan bersama.

Seperti semalam di Desa Sindangwangi air sungai mulai naik, RT/RW dan masyarakat langsung melakukan kerja bakti membuat tanggul.

“Saya berharap pembinaan dan pemberian insentif dapat meningkatkan kinerja, apa lagi dalam pengalokasian dana desa. Para ketua RT/RW untuk terus memantau dan melihat apa yang dibutuhkan masyarakat,” ujarnya.

Turut hadir Kepala Bagian Penanggulangan Kemiskinan Sekda Brebes Ratnawati, para kepala desa, serta perangkat desa di Kecamatan Bantarkawung. Setelah itu, Bupati melanjutkan ke Kecamatan Bumiayu untuk kegiatan yang sama. (HB-by, wsd)

LEAVE A REPLY