Jembatan Plompong Sirampog Ambruk Diterjang Arus Sungai

Jembatan yang menghubungkan Desa Plompong dan Manggis di Kecamatan Sirampog, Brebes, ambruk akibat dihantam banjir bandang Kali Keruh. (Foto: BPBD Brebes)
o /

Brebes, Harianbrebes.com – Jembatan lama Desa Plompong, Kecamatan Sirampog, Kabupaten Brebes ambruk, Senin, 21 Januari 2019 sekira pukul 15.30 WIB. Jembatan penghubung antardesa tersebut ambruk setelah diterjang arus sungai yang cukup deras.

Warga sekitar, Faozan Roma, ketika dimintai konfirmasi menuturkan, bagian yang ambruk yakni di pilar jembatan sisi selatan atau dari Desa Plompong. “Ambruk tadi sore, setelah hujan deras terjadi. Ambruk pada sisi selatan jembatan,” katanya.

Ia menuturkan, saat kejadian arus sungai sangat deras dan berwarna coklat pekat. Di saat bersamaan, pilar sisi selatan jembatan terihat goyang.

Ambruknya jembatan, kata dia, membuat akses warga Plompong ke desa sekitar di Kecamatan Sirampog terputus. Akibatnya mereka harus memutar lebih jauh untuk menempuh ke desa-desa di Kecamatan Sirampog.

“Harus memutar tiga kali lipat untuk menuju ke Desa Benda dan sekitarnya. Otomatis harus ke Desa Langkap, Bumiayu dahulu,” tuturnya.

Akibat jembatan yang putus ini, anak sekolah dan pekerja yang biasa beraktivitas sangat terganggu. “Kasihan anak sekolah dan orang kerja yang ke Benda dan sekitarnya. Terpaksa berangkat lebih pagi,” terangnya.

Faozan mengungkapkan, pada Minggu, 20 Januari 2019, warga sekitar sebenarnya sudah gotong royong menata sisi selatan jembatan tersebut. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi terjangan arus sungai.

“Kemarin warga sekitar gotong royong menata batu. Tujuannya untuk mengalihkan arus sungai ketika arus sungai membesar,” jelasnya.

Tokoh masyarakat setempat Ulum Maulani menuturkan, dengan ambruknya jembatan ada ribuan warga yang aktivitasnya terganggu. Padahal kebanyakan dari mereka beraktivitas ke desa sekitar Kecamatan Sirampog.

“Ada sekitar 7 ribu warga Plompong yang bergantung pada jembatan tersebut. Sementara kebanyakan dari mereka beraktivitas ke Sirampog,” ungkapnya.

Ulum meminta kepada Dinas PU Kabupaten Brebes sebagai pihak yang berwenang untuk segera turun tangan. “Saya minta jembatan yang statusnya milik Kabupaten segera diperbaiki. Kasihan warga sekitar. Jembatan yang baru belum jadi, malah yang lama ambruk,” kesalnya.

Perlu diketahui, Jembatan Plompong merupakan jembatan penghubung antar desa Plompong dengan Kaliloka dan sekitarnya.

Pada 2018 sempat ada pembangunan jembatan baru di samping timur jembatan lama. Namun dengan dana milaran rupiah, jembatan tersebut malah ambruk dan belum diteruskan pembangunannya hingga kini.

Reporter: Reza Abineri
Editor: Muhammad Irsyam Faiz

Sumber : Pantura Post

LEAVE A REPLY