Ruas Jalan Provinsi Banjarharjo-Salem Brebes yang Tertutup Longsor Sudah Normal

Warga bersama TNI membersihkan material longsor yang menutup jalan provinsi Banjarharjo-Salem, Kabupaten Brebes, tepatnya di tanjakan Santan Arum Desa Bandungsari, Salem. (Foto : Tribun Jateng/M Zaenal Arifin).
o /

Brebes, Harianbrebes.com – Tumpukan material longsor yang menutup ruas jalan provinsi Banjarharjo-Salem, Kabupaten Brebes, di tanjakan Santan Arum Desa Bandungsari, Salem, telah selesai dievakuasi, Selasa (22/1/2019).

Kini, kendaraan roda dua maupun empat sudah bisa melintasi ruas jalan tersebut.

Pjs Danramil 13 Salem, Pelda Jahri mengatakan, kondisi jalan Banjarharjo-Salem telah normal kembali setelah ratusan orang yang tergabung dalam Peduli Bencana Alam Banjarharjo-Salem, selesai mengevakuasi longsoran sepanjang 10 meter dengan ketebalan puncak 2 meter.

“TNI dan elemen warga dari dua kecamatan yaitu Salem dan Banjarharjo, berhasil membuka akses jalan dengan peralatan manual,” katanya.

Dijelaskan, para relawan gabungan dua kecamatan tersebut meliputi anggota Koramil, Polsek, BPBD, karyawan Perhutani BKPH Salem dan Banjarharjo, Satpol PP, Banser Tanggap Bencana (Bagana), Paguyuban Sopir Angkutan Barang serta masyarakat.

Kini akses utama perekonomian dan pendidikan warga masyarakat antar Kecamatan/Kabupaten (Brebes-Majenang Cilacap) tersebut sudah dapat dilalui, walaupun masih licin akibat lumpur bekas longsoran.

“Saya selaku warga masyarakat setempat dan prajurit sangat mengapresiasi kebersamaan lintas sektoral ini,” imbuhnya.

Sebelumnya, tebing yang termasuk dalam lingkungan Gunung Lio kompleks setinggi 10 meter, longsor setelah diguyur hujan deras sekitar pukul 13.00 WIB.

Longsor disebabkan kondisi tanah yang labil akibat diguyur hujan terus-menerus selama dua hari berturut-turut.

Akibatnya, jalan provinsi tersebut tidak dapat dilalui kendaraan baik roda dua maupun roda empat.

Sumber : Tribun Jateng

Penulis: m zaenal arifin
Editor: galih pujo asmoro

LEAVE A REPLY