Pertama di Jateng, Kejaksaan Negeri Brebes Miliki Pelayanan Terpadu Satu Pintu

Bupati Brebes Idza Priyanti SE MH saat menyampaikan sambutan saat melaunching Pelayanan Terpadu Satu Pintu di Kejaksaan Negeri Brebes. Senin (28/1).

Brebes, Harianbrebes.com – Kejaksaan Negeri Brebes memiliki sistem Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) guna meningkatkan kualitas pelayanan publik. PTSP yang merupakan kali pertama dilaunching di Jawa Tengah ini utamanya untuk mendukung program zona integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM).

Launching dilakukan Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE MH ditandai dengan penguntingan pita melati yang melintang di pintu pelayanan, di Kantor Kejaksaan Negeri setempat, Senin (28/1).

Dalam sambutannya Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE MH mengungkapkan pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dalam bidang tehnologi menuntut Pemerintah untuk melakukan terobosan-terobosan dalam penyelenggaraan pelayanan publik.

Tentunya yang cepat dan tanggap kepada masyarakat. Karena efektivitas suatu sistem pemerintahan sangat ditentukan oleh baik buruknya penyelenggaraan pelayanan publik.

Bupati juga mengapresiasi kepada Kejaksaan Negeri Brebes, atas reformasi birokrasi guna melakukan penataan terhadap sistem penyelenggaraan pemerintah yang baik, efektif dan efisien. Sehingga dapat melayani masyarakat secara cepat, tepat dan profesional.

Pelayanan Terpadu Satu Pintu ( PTSP ) merupakan salah satu bukti program pemerintah dalam rangka peningkatan pelayanan publik, sebagai upaya mencapai Good Governance atau pemerintahan yang baik.

PTSP juga sebagai salah satu penunjang pembangunan zona integritas menuju wilayah bebas korupsi ( WBK ) dan wilayah birokrasi bersih dan melayani ( WBBM ).
Dengan adanya Pelayanan Terpadu Satu Pintu ( PTSP ) Kejaksaan Negeri, akan sangat bermanfaat untuk mendapatkan capaian kinerja maksimal, karena setiap pelayanan yang ada di kejaksaan, seperti pengambilan barang bukti, pengurusan tilang dan sebagainya, akan dikelola menjadi satu wadah.

Dalam kesempatan ini Bupati Brebes atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Brebes menyerahkan Piagam Penghargaan kepada Kejaksaan Negeri Brebes atas pendampingan, pengawalan dan pengamanan oleh TP4D Kejaksaan Negeri Brebes terhadap kegiatan pengadaan barang dan jasa dilingkungan Pemkab Brebes Tahun 2018.

Kepala Kejaksaan Negari Brebes Transiswara Adhi SH MHUM menjelaskan, pelayanan terpadu satu pintu ini merupakan pelayanan secara terintegrasi dalam satu kesatuan proses. Dimulai dari tahap awal sampai dengan tahap penyelesaian produk pelayanan Kejaksaan Negeri Brebes dan pelayanan lainnya.

Yang ditangani saat ini adalah Loket Tilang, Izin Besuk Tahanan, dan Pengambilan Barang Bukti Perkara. Juga informasi jadwal persidangan dan informasi penanganan perkara pidana umum maupun pidana khusus.
Selain itu Informasi pelayanan publik pada seksi Intelijen bagi masyarakat sebagai penerima layanan berupa Pos Pelayanan Hukum, Pos Pengaduan Masyarakat, dan Pelayanan Informasi Publik dan Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara.

“Saya berharap PTSP bisa optimal, efektif dan efesien untuk mewujudkan perlindungan dan kepastian hukum, kepada masyarakat khususnya di Kabupaten Brebes,” harapnya.
Setelah pengguntingan pita, Bupati Brebes meninjau langsung tempat pelayanan publik tersebut didampingi Forkopimda Brebes, Kepala SKPD terkait, serta jajaran Kejaksaan Negeri Brebes. (HB-Otz/As/Wsd).

LEAVE A REPLY