Ribuan Umat Islam Padati Masjid Agung Bersholawat

Rais Aam Jam’iyyah Ahlith Thariqah Al Mu’tabarah An Nahdliyyah (Jatman) Maulana Habib Muhammad Luthfi bin Yahya. Kamis, (15/2) Malam.
o /

Brebes, Harianbrebes.com –Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang digelar dihalaman Masjid Agung Kota Brebes bekerjasama dengan Pemerintahan Kabupaten Brebes menghadirkan Rais Aam Jam’iyyah Ahlith Thariqah Al Mu’tabarah An Nahdliyyah (Jatman) Maulana Habib Muhammad Luthfi bin Yahya. Kamis, (15/2) Malam.

Segenap Ulama, Umaro, dan masyarakat dari berbagai penjuru memadati halaman Masjid Agung dan alun-alun Brebes untuk melantunkan sholawat dengan diiringi Hadroh, serta istighosah dan dilanjutkan siraman rohani oleh Rois Syuriyah PBNU KH. Subhan Makmun, KH. Saefudin Mahmud dan Maulana Habib Muhammad Luthfi bin Yahya Rais Aam Jam’iyyah Ahlith Thariqah Al Mu’tabarah An Nahdliyyah (Jatman).

Hadir dalam kegiatan Masjid Agung Bersholawat ini, Bupati Brebes Hj. Idza Priyanti, SE, MH, Kapolres Brebes AKBP Aris Supriyono dan DANDIM 0713 Brebes Letkol Inf Faisal Amri, SE.

Bupati Brebes Hj. Idza Priyanti dalam sambutannya mengucapkan syukur atas kehadiran Maulana Habib Muhammad Luthfi bin Yahya Rais Aam Jam’iyyah Ahlith Thariqah Al Mu’tabarah An Nahdliyyah. “Mudah-mudhan menjadi malam keberkahan dan seterusnya untuk kota kita,” katanya.

Pesan pentingnya meneladani akhlak Nabi Muhammad SAW menjadi intisari kehidupan. Penghormatan kepada Nabi bisa dilakukan dengan membiasakan membaca shalawat. “Dengan shalawat kepada Nabi kita juga mendapatkan hidup yang barokah. Barokah, akan tercerabut akibat jauh dari ulama, apalagi jika jauh dengan Nabi,” pesan KH. Subhan Makmun pada kegiatan Brebes Bersholawat yang digelar halaman Masjid Agung Kota Brebes.

Habib Luthfi melanjutkan, jangan sampai melupakan sejarah, maka mana mungkin akan tumbuh handarbeni sehingga diikat oleh Allah SWT, melalui dikumpulkan tali silaturohmi, dengan cara waktu sholat dan membaca sholawat. Kita diajar kepedulian sesama kita, saat sholat membawa sholawat, Allahumma Sholli ‘Ala Sayyidina Muhammad Wa’ala Aali Sayyina Muhammad.

Jangan berdebat lagi masalah sayidina pada zaman sekarang ini, tapi sekarang bagaimana agar ekonomi warganya maju, ketahanan negaranya kuat, dan jangan mudah dipecah belah, akhir ini ulama di benturkan, tokoh politik ataupun lainnya dibenturkan, ayo jangan mau di pecahbelahkan, mari bersatu untuk menjaga persatuan dan kesatuan termasuk ukhuwah islamiyah.

Rosulullah SAW mampu mempersatukan semua umat pada zamannya, karena sifatnya al Amin sehingga menjadi panutan bagi umatnya. Karena Rosul tidak mempunyai kepentingan apapun dan tidak menjelekkan antar suku, bahkan mengumpulkan suku per suku ketika mengangkat dan memasukan hajar Aswad.

Dengan adanya peristiwa tersebut maka umatnya harusnya berani bertanya, kemana sekarang Al Amin sekarang ini, yang bisa mengayomi umat, pemersatu dan mampu memberikan suri tauladan yang baik. Semoga kita menjadi Al Amin dimana saja bukan hanya di Brebes tapi di daerah lainnya.

Butuh patriotisme dan kader pemersatu umat. ” Tulis merah putih berkibar tidak melupakan sejarah,” tegas alhabib dihadapan jamaah.

Sejauh mana kita mengisi kemerdekaan, kenapa kita rebutan tumpeng, taruh dimana muka kita, kalau kita sadar maka mestinya kita harus berpikir untuk umat dan mempersatukan, sholawat bisa menjadi perekat silaturohmi antar sesama, belum lagi dengan membaca sholawat kepada Nabi akan mendapatkan syafaat dari Rosulullah SAW. Betapa senang bila umatnya memiliki rasa Asah Asih Asuh, dan tidak menyusahkan atau mengecewakan kepada baginda Rosulullah. Minimal kita jangan memberikan beban bagi umat tapi meringankan bebannya.

Betapa mulia para tokoh pejuang terdahulu yang berkorban, keringat yang aku teteskan, kasih sayang kamu kepada kalian dan jangan kecewakan kami, mari kita persatukan umat dan jangan bercerai berai, mari isi kemerdekaan ini dengan kerja keras dan penuh tanggungjawab. Jelasnya.

Ketua Yayasan Masjid Agung Brebes Drs. KH. Rosyidi menyampaikan bahwa kegiatan Masjid Agung Bershalawat pertama kali diadakan tahun ini dan rencana akan di agendakan kegiatan rutin tahunan, katanya. *[Red-HB/Taufik]*

LEAVE A REPLY