Dinas Perikanan Brebes Kerjasama Dengan Pokdarwis Desa Siasem Gelar Lomba Mancing

o /

Brebes, Harianbrebes.com,-Pemerintah Kabupaten Brebes melalui Dinas Perikanan bekerjasama dengan Kelompok Sadar Wisata (POKDARWIS) Desa Siasem menggelar lomba mancing memperingati HUT ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia di embung Desa Siasem Kecamatan Wanasari, Kabupaten Brebes. Minggu (18/8/2019) pagi.

Ketua Umum Panitia Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia Kabupaten Brebes, Sutaryono menjelaskan; lomba digelar 150 meter sepanjang tanggul dan untuk menarik minat peserta panitia menambahkan volume air serta menebar 2,5 kwintal ikan lele di embung yang dulunya merupakan Sungai Sigeleng yang dibendung.

Pihak panitia menyediakan waktu 1,5 jam. Penilaian diukur dari jumlah ikan lele yang didapat. Sedangkan 10 ikan indukan setara dengan 3 ekor lele,” lanjut Kadin Perwaskim, Sutaryono.

Antusiasme peserta terlihat dengan banyakya peserta yang mencapai sekitar 400 orang. Mereka datang sejak pukul 07.00 meskipun perlombaan baru dimulai pukul 09.00 WIB.

Ketua Panitia penyelenggara lomba mancing Gatot Rudiyono usai membuka acara menjelaskan, lomba mancing tersebut sengaja diselenggarakan dalam rangka peringatan HUT ke-74 Kemerdekaan RI. Pihak panitia mengambil tempat di embung Desa Siasem, sekaligus mensosialisasikan gerakan gemar makan ikan (GEMARIKAN).

“Ikan yang didapat oleh peserta nantinya bisa dibawa pulang, dan dikonsumsi bersama keluarganya,” jelas Gatot.

Meski dijadikan sebagai ajang perlombaan, saat acara selesai, ikan lele tidak boleh diambil lagi. Hal ini bertujuan supaya ikan bisa berkembang biak di sungai tersebut.

Disamping itu, Embung Siasem ini juga nantinya akan dijadikan tempat destinasi wisata air yang bisa dinikmati warga sekitar Desa Siasem dan dari luar Desa Siasem.

Lomba mancing berakhir pukul 10.30 WIB. Juara pertama mendapatkan trophy dan uang pembinaan sebesar Rp 1.000.000,- dengan total ikan 19 ekor diraih oleh Aziz warga Kauman Pulo. Sementara juara dua Rp. 750.000,- diraih Havi dari Desa Pebatan, dan juara ketiga mendapatkan Rp. 500.000.- diraih Dimas warga Desa Kalimati Brebes. (Supr/Wasd/ Gust)

LEAVE A REPLY