Darwanto; Permasalahan Di RSUD Brebes Ini, Karena Pengawasan Belum Maksimal

o /

Brebes, Harianbrebes.com, – Polemik terkait sistem pembagian jasa medis yang terjadi di RSUD Brebes, sebenarnya sudah terjadi sekitar setahun yang lalu. Namun demikian ketidakberanian mereka untuk bersaksi menghambat terungkapnya permasalahan tersebut.

Aktifis yang bernaung di Lembaga Masyarakat Transparansi Brebes, Kismanto Hari Pranoto berpendapat bahwa hal itu merupakan urusan internal management keuangan RSUD Brebes, namun begitu, ia berharap polimik tersebut bisa cepat terselesaikan.

Kismanto Hadi Pranoto.

“Karena jika hal tersebut dibiarkan berlarut-larut, bisa berdampak pada berkurangnya mutu pelayanan kesehatan, dan tentunya masyarakat (dalam hal ini pasien) yang dirugikan” ucap Kismanto. Jum’at, (30/8/2019) sore.

Bahkan menurutnya, baik itu berupa keterlambatan, tidak adil sesuai aturan, tentunya akan berpengaruh pada kinerja dan berdampak juga pada penurunan pelayanan kesehatan.

“Jika ada persoalan pembagian jasa yang merugikan mereka, maka sudah sepatutnya berkoordinasi dengan pengawas rumah sakit, dan mereka harusnya berani untuk bersaksi mengungkap persoalan ini” tegasnya.

Untuk itu, harus ada keberanian mengungkap dan menyampaikan langsung. Sebaliknya ketidakberanian mereka untuk bersaksi, justru menghambat terungkapnya solusi atas permasalahan ini.

Disisi lain, pengawasan yang maksimal juga diperlukan agar rumah sakit dapat menjalankan tugas dan fungsinya dengan baik sesuai dengan standar pelayanan minimal yang telah ditetapkan.

Hal tersebut, sebagaimana diungkapkan oleh Aktivis Anti Korupsi, Darwanto yang menjelaskan bahwa salah satu faktor yang membuat polemik di RSUD Brebes itu dikarenakan pengawasannya yang terkesan mandul.

“Karena Bawas RSUD sama Inspektorat belum berfungsi secara maksimal dalam melakukan pengawasan, termasuk DPRD (Brebes) nya”, tandas Darwanto.

Untuk itu, pembinaan dan pengawasan di RSUD Brebes perlu dimaksimalkan untuk memastikan bahwa mereka sudah benar-benar memberikan layanan kesehatan yang terbaik bagi masyarakat Brebes. (Gust)

LEAVE A REPLY