Sekolah Islam Manbaul Hikmah, Lounching Extra Olahraga Asal Prancis

o /

Brebes, Harianbrebes.com,- Hari Olahraga Nasional tahun 2019, menjadi momen penting bagi siswa-siswi sekolah Islam dibawah Yayasan Manbaul Hikmah untuk mengikuti extra olah raga yang berasal dari Perancis yaitu Pentaque di halaman SMP Islam Manbaul Hikmah yang beralamat di jalan Raya Luwungragi No. 35 RT 04/07 Desa Luwungragi, Kecamatan Bulakamba, Kabupaten Brebes. Senin, (9/9/2019).

“Baru pertama kalinya kami mempraktekkan langsung olah raga Pentaque ini. Seruuu, asyik walau perlu konsentrasi, ” ungkap salah satu siswa kelas 9 SMP Islam tersebut, Indra Apip Maulana.

Guru pembina extrakulikuler Olahraga Pentaque di sekolah tersebut, Komarruzaman, S.Or mengatakan bahwa pentaque ini merupakan cabang olahraga yang berasal dari Negara Prancis, dan telah dikenal di Indonesia sejak tahun 2001 dan diperlombakan pertama kalinya di Pomnas ( Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional) diaceh. Selanjutnya, diperlombakan pada Event PON dijabar tahun 2016 pon exhibition.

“Olah raga ini (pentaque) sangat potensial dan terbuka sangat luas untuk prestasi baik tingkat Kabupaten, Propinsi bahkan Nasional. Karena olahraga tersebut belum tersosialiasikan dengan baik ditengah masyarakat,” kata Komar yang juga merupakan salah satu Atlet Pentaque yang tergabung dalam Tugu Muda Pentaque Clube ( TMPC ).

Selain itu, Kepala SMP Islam Mambaul Hikmah Luwungragi, Kustoro WHY, S.IP berharap, olah raga yang dilahirkan dari negara prancis ini tidak hanya sekedar untuk dihadirkan dalam kegiatan Extrakurikuler di SMK dan SMP Islam Manbaul Hikmah Luwungragi.

“Kami berharap, cabang olahraga ini selain menjadi kegiatan extrakurikuker, juga kedepan dapat menjadi salah satu olahraga yang menyumbangkan prestasi non akademik di lingkungan Sekolah Manbaul Hikmah Luwungragi,” ucap Kustoro saat didampingi Kepala SMK Islam MH Luwungragi, Dewi Lentera ati S.Pd di sela-sela simulasi Pentaque disekolah tersebut.

Dalam petanque, terdapat single tim, double tim, triple tim, dan mix tim, dan jenis permainan ini adalah batle tim. Kemudian di ketahui bahwa olahraga ini sudah ada sejak 1907-an di Prancis dan hampir sebagian masyarakat disana memainkan olahraga tersebut. (Gust)

LEAVE A REPLY