Bentrok Antar Suporter, Pertandingan Persab Brebes Vs Persip Pekalongan Di Hentikan

o /

Brebes, HarianBrebes.com,- Pertandingan Persab Brebes Vs Persip Pekalongan dalam lanjutan babak 8 besar Liga 3 Regional Jawa Tengah, Minggu (15/9) di Stadion Karang Birahi Brebes, harus dihentikan setelah insiden bentrok antar suporter.

Bentrok antar suporter terjadi saat laga yang ditonton sekitar 2.000 orang ini berjalan 32 menit. Hingga Wasit, Arif Nurwahyudi dari Surakarta dan Pengawas Pertandingan, Wiku Noviardi dari Kendal, terpaksa menghentikan pertandingan di skor 1-0 untuk Laskar Jaka Poleng dengan alasan keamanan.

“Dihentikan dibabak pertama menit 32’ dengan skor 1-0 untuk Persab (Brebes),” kata Heri Fitriansyah yang merupakan Ketua Persab Brebes di akun Facebooknya.

Kericuhan diduga adanya salah satu oknum suporter Persip Pekalongan yang mencoba mencopot spanduk milik suporter Saber Mania, hingga terjadi aksi saling lempar batu.

“Karena keadaan keamanan yang tidak memungkinan. Atas nama PERSAB Brebes, Kami memohon maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi, kerugian materiil dan psikologi semua Pihak. Kita tidak berhak menyalahkan Pihak manapun,” lanjutnya.

Terkait pertandingan selanjutnya, ia menambahkan, sehingga sisa waktu yang ada akan diadakan pertandingan lanjutan di waktu berbeda yang belum ditentukan.

“Kita menunggu keputusan Operator Liga 3 Jawa Tengah. Kita akan benahi pertandingan kedepan,” tambahnya.

Danramil 01 Brebes Kodim 0713 Brebes, Kapten Armed Zaenal Abidin yang bersama anggotanya turut membantu pengamanan pihak Polres dan Satpol PP dan Subdenpom IV/1-4 Brebes, membenarkan adanya insiden tersebut.

“Kerusuhan dipicu dari salah seorang oknum suporter Laskar Kalong atau Persip merusak baliho milik suporter Persab akibat kekecewaan karena timnya tertinggal. Para suporter Persab pun tidak terima sehingga terjadi adu mulut dan dipicu saling ejek, dan akhirnya keributan pun pecah,” ucapnya.

Kemudian, menurutnya, dua suporter saling lempar batu, hingga suporter Persip mulai merusak dan merobohkan pagar besi pembatas tribun sebelah timur Stadion Karang Birahi.

Meskipun petugas keamanan melakukan pengawalan ketat saat mengevakuasi suporter lawan ke arah barat menuju pintu utama stadion menuju Jalan Veteran untuk keluar wilayah Brebes menuju Pekalongan, sekitar pukul 17.00 WIB. Namun Suporter Persip justru melakukan perusakan diluar stadion hingga sepanjang jalan Veteran, Brebes.

“Beberapa kendaraan roda empat yang berada di halaman stadion juga mengalami kaca pecah. Beberapa orang suporter dari kedua belah pihak juga mengalami luka dan segera dilarikan ke RSUD Brebes untuk mendapatkan penanganan medis,” tambahnya.

Polisi juga sempat menembakkan gas air mata saat massa melakukan perusakan kantor atau gedung hingga mengalami pecah kaca diantaranya Kantor Koperasi dan SMP Negeri 2 Brebes, dan sebagian besar kaca tribun timur, termasuk pintu masuknya hancur berantakan. Bahkan kendaraan baik motor maupun mobil juga tak luput dari amukan perusuh, termasuk bus pemain Persip Pekalongan juga pecah kaca.

Sementara pukul 17.50 WIB, massa dari suporter tuan rumah diarahkan kembali ke rumah masing-masing sehingga kondisinya berangsur normal. (Gust).

LEAVE A REPLY