Sinergitas Dan Komitmen Bersama, Wujudkan Kabupaten Brebes Capai ODF Tahun 2020

o /

Brebes, Harianbrebes.com,- Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes melalui Seksi Promosi Kesehatan, Pemberdayaan Masyarakat dan Kesehatan Lingkungan mengadakan Pertemuan Sinergitas dan Komitmen Percepatan ODF di Ruang Pertemuan Kantor Sekretariat Bupati Kabupaten Brebes. Rabu, (18/9).

Bupati Brebes, Idza Priyanti melalui Wakil Bupati Brebes, Narjo menyampaikan ajakan untuk bersama wujudkan Kabupaten Brebes Capai ODF Tahun 2020 kepada seluruh peserta yang hadir dalam kegiatan tersebut.

Selain itu, dalam sambutannya, Narjo menyampaikan, dalam Program Percepatan Pencapaian ODF Tahun 2020 ini perlu sinergitas antara pemerintah sebagai pelaksana utama, dengan segenap organisasi dan masyarakat.

“Tokoh masyarakat dan agama bekerjasama dalam upaya pendampingan oleh tenaga kesehatan masyarakat atau petugas sanitasi akan sangat dibutuhkan dalam rangka memicu dan memotivasi masyarakat agar bergerak aktif dan sadar pengetahuan mengenai pentingnya Perilaku Hidup Bersih dan Sehat,” kata Narjo.

Data sementara jumlah desa ODF di Kabupaten Brebes menurut Balitbangda, ada 80 desa yang termasuk desa ODF dari total 297 desa/kelurahan. Artinya, masih ada 210 desa/kelurahan yang belum teridentifikasi sebagai desa ODF.

Dengan data tersebut, Narjo menghimbau kepada seluruh Kepala Desa (Kades) di Kabupaten Brebes agar turut berperan aktif menggerakan masyarakat di wilayahnya masing-masing.

“Kemudian juga perlunya koordinasi Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes dengan para Camat, dan Puskesmas untuk melakukan identifikasi, menghitung jumlah unit jamban keluarga sehat yang dibangun melalui dana CSR, donasi dari pelaku usaha, lembaga di luar maupun dalam pemerintah kabupaten,” imbuhnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Nara Sumber dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah yang didampingi Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes Sartono, Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat, Utami, M.Kes.

Adapun Nara Sumber dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah, dan 38 Kepala Puskesmas se Kabupaten Brebes, serta perwakilan dari masing-masing pendamping desa se Kabupaten Brebes termasuk yang dari Organisasi Masyarakat dan Tokoh Agama serta perwakilan lembaga di luar Pemerintah Kabupaten dalam pertemuan tersebut.

Pertemuan tersebut, ditandai dengan “penandatangan komitmen bersama” yang menjadi bentuk awal Sinergitas dan Komitmen Percepatan ODF Kabupaten Brebes pada tahun 2020. (Gust)

LEAVE A REPLY